Hipki Denpasar Jalin Kerjasama dengan BPD Bali

Sabtu, 23 Maret 2019 | 08:40 WITA

Hipki Denpasar Jalin Kerjasama dengan BPD Bali

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali,com, Denpasar. DPC Himpunan Penyelenggara Pelatihan dan Kursus Indonesia (Hipki) Denpasar menjalin kerjasama dengan PT Bank BPD Bali melalui penandatanganan MoU di Denpasar, Jumat (22/3). Jalinan kerjasama ini diharapkan dapat membantu anggota Hipki Denpasar dan anak didik lembaga tersebut terutama dalam hal pembiayaan kursus dan pelatihan serta modal usaha.
 
Ketua DPC Hipki Denpasar, Made Ernita Kurniawati mengatakan, Hipki adalah himpunan para penyelenggara pendidikan non formal berupa pelatihan dan kursus di Indonesia yang memiliki fungsi dan tugas untuk membantu pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan mempersiapkan tenaga profesional dalam berbagai bidang seperti, bahasa, kecantikan, menjahit, spa, bimbingan belajar dan lain-lain. 
 
“Untuk di Denpasar anggota kami ada sekitar 70 lembaga dan sekitar 80 lembaga lainnya masih kita dekati agar mau bergabung,” ujarnya.
 
Dengan adanya kerjasama dengan Bank BPD Bali, Ernita berharap Hipki yang selama ini dipandang sebelah mata, bisa berkembang dan membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan dan menciptakan tenaga kerja yang kompeten di bidangnya. 
 
“Bank BPD Bali nantinya bisa memfasilitas anak didik di lembaga kursus dan pelatihan (LPK) dalam hal pembiayaan (kredit) dan modal usaha termasuk juga kalau ada yang mau bekerja ke luar negeri,” ujarnya.
 
Sementara itu, Direktur Kredit Bank BPD Bali, I Made Lestara Widyatmika mengatakan, dengan jalinan kerjasama ini pihaknya akan memberikan sejumlah layakan produk kepada anggota Hipki Denpasar termasuk kepada anak didik di lembaga pelatihan dan kursus tersebut. 
 
 
“Ya, misalnya mereka bisa memanfaatkan program KUR (Kredit Usaha Rakyat) Bank BPD Bali dalam modal usaha,” ujarnya.
 
Lebih lanjut dijelaskan, Bank BPD Bali dalam tahun ini menyalurkan dana KUR sebesar Rp 950 miliar. 
 
“Jadi mereka bisa memanfaatkan program ini terutama untuk modal kerja karena suku bunganya sangat rendah hanya 7 persen pertahun atau 0,58 persen perbulan,” imbuhnya.
 
Penandatanganan MoU yang dikemas dalam acara gathering ini dihadiri juga Plt Kepala Cabang Bank BPD Renon Ni Ketut Lestari dan Kabid Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal Disdikpora Kota Denpasar, Ni Made Sugiantini serta puluhan pengurus Hipki Denpasar.[bbn/rls/psk]


Sabtu, 23 Maret 2019 | 08:40 WITA


TAGS: hipki bpd bali



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: