Pemilih Pemula Lebih Melihat Sosok Figur Kader Partai Dalam Menentukan Pilihan

Minggu, 24 Maret 2019 | 06:15 WITA

Pemilih Pemula Lebih Melihat Sosok Figur Kader Partai Dalam Menentukan Pilihan

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Pemilih pemula lebih melihat sosok figur kader partai untuk menentukan partai politik pilihannya. Kendati persepsi pemilih pemula terhadap iklan partai politik cukup positif dan juga intensitas pemilih pemula terterpa iklan partai politik cukup intens.

Demikian terungkap dalam artikel berjudul “Analisis Terpaan Iklan Partai Politik Di Televisi Pada Pemilih Pemula Di Kota Denpasar Dalam Pemilu Legislatif 2014” yang dipublikasikan E-Jurnal Medium Volume 1 nomor 1 tahun 2017.  Artikel tersebut ditulis oleh para peneliti yang terdiri dari  I Putu Agus Nanda Kertayasa, Ni Made Ras Amanda Gelgel, dan Ade Devia Pradipta dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Udayana.

Para peneliti menuliskan bahwa iklan partai politik yang cukup intens tidak mampu membuat pemilih pemula memilih partai politik karena iklan. Walaupun pemilih pemula mengakui iklan partai politik menambah wawasan mereka.

Bagi pemilih pemula sosok figur kader partai dengan nama besar dan tingkat popularitas yang tinggi dan tentu saja yang paling utama adalah memiliki citra baik menjadi pertimbangan utama bagi pemilih pemula. Selain itu dapat dilihat bahwa Visi Misi Partai juga menjadi pertimbangan pemilih pemula dalam menentukan pilihannya.

Para peneliti juga menuliskan bahwa pemilih pemula belum sepenuhnya membuka diri terhadap pesan iklan partai politik yang ditayangkan di televisi. Jika pemilih pemula memang serius menerima atau menanggapi isi pesan dari iklan partai politik maka tentu saja pemilih pemula memberikan atau menunjukkan sikap yang positif pula. Namun pada akhirnya pemilih pemula menunjukkan sikap dengan tidak memilih partai politik karena iklan partai politik di televisi.[bbn/E-Jurnal Medium/mul]


Minggu, 24 Maret 2019 | 06:15 WITA


TAGS: Pemilih pemula figur kader partai



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: