Kualitas Fisik Daging Babi Bali Lebih Baik Daripada Daging Babi Landrace Persilangan

Kamis, 28 Maret 2019 | 06:20 WITA

Kualitas Fisik Daging Babi Bali Lebih Baik Daripada Daging Babi Landrace Persilangan

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas fisik daging babi Bali lebih baik daripada daging babi landrace persilangan dilihat dari variabel warna, dan susut mentah. Dimana Warna daging dan nilai susut mentah (drip loss) daging babi Bali segar lebih baik daripada daging babi landrace.

Hal ini terungkap dalam sebuah artikel berjudul “Studi Perbandingan Kualitas Fisik Daging Babi Bali Dengan Babi Landrace Persilangan Yang Dipotong di Rumah Potong Hewan Tradisional” yang dipublikasikan dalam Majalah Ilmiah Peternakan, Volume 18 Nomor 1 Tahun 2015. Artikel yang disarikan dari penelitian tersebut ditulis oleh NLP Sriyani, N.M. Artiningsih Rasna, dan OKA A.A Lindawati S. A dari Fakultas Peternakan Universitas Udayana.

Sriyani dan kawan-kawan menuliskan warna daging babi Bali 39,74% nyata lebih tinggi daripada warna daging babi landrace persilangan. Hal ini menunjukkan bahwa warna daging babi Bali lebih cerah/merah daripada daging babi landrace persilangan. Faktor-faktor yang mempengaruhi warna daging adalah nutrisi, spesies, bangsa, umur, jenis kelamin, stress dan oksigen. Faktor penentu utama yang mempengaruhi warna daging yaitu konsentrasi pigmen daging yaitu mioglobin.

Nilai susut mentah (drip loss) daging babi Bali 5,64% lebih kecil daripada nilai drip daging babi landrace. Perbedaan drip ini juga disebabkan oleh perbedaan tipe dari kedua bangsa ternak babi ini. Babi Bali termasuk tipe lemak (lard type) sementara babi landrace termasuk tapi daging (meat type). Beberapa konsumen yang masih setia terhadap daging babi bali menyatakan pendapatnya bahwa daging babi bali memiliki cita rasa yang jauh lebih gurih/enak daripada daging babi landrace

Babi Bali ciri-cirinya warna bulu hitam agak kasar ada pula yang belang putih bagian perut, punggungnya melengkung dan telinga tegak. Babi bali memiliki perlemakan daging yang lebih tinggi dibandingkan dengan babi landrce, karena secara genetik bangsa babi bali ini termasuk dalam bangsa babi tipe lemak (lard type).

Sedangkan Babi landrace persilangan mempunyai ciri-ciri berwarna putih, daun telingan jatuh,tubuh panjang, kaki pendek. Babi landrace memiliki perdagingan yang lebih banyak serta perlemakan yang lebih sedikit.[bbn/ Majalah Ilmiah Peternakan/mul]


Kamis, 28 Maret 2019 | 06:20 WITA


TAGS: Babi Bali landrace



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: