Desa Tegak dalam Klungkung Menari Tampilkan Fragmentari Lampahing Brahmana Keling

Minggu, 31 Maret 2019 | 12:11 WITA

Desa Tegak dalam Klungkung Menari Tampilkan Fragmentari Lampahing Brahmana Keling

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Klungkung. Pertunjukan kesenian ini merupakan salah satu Program Pemerintah Kabupaten Klungkung yang diberi nama Klungkung Menari. 
 

Program Klungkung Menari memiliki tujuan utama yakni melestarikan seni dan budaya dikalangan generasi muda sampai ke pelosok desa, melalui kegiatan menari sebagai pintu masuknya. Dengan sasaran utamanya adalah para generasi muda dari anak-anak, remaja, serta dewasa. Program Klungkung menari diadakan sebulan sekali, yakni hari sabtu, pada akhir bulan.
 
Pada pertunjukan kesenian kali ini, giliran Desa Tegak yang menampilkan kesenian yang dimilikinya, dengan melibatkan Pesraman Pradnya Sita Asrama, dari Desa Pekraman Tegak. Pesraman ini menampilkan Tari Panyembrahma, dan Fragmentari dengan judul Lampahing Brahmana keling, dimana dalam membawakan Fragmentari tersimpan pesan agar Umat Hindu dalam melakukan Yadnya harus dengan berdasarkan Tiga Kerangka Agama Hindu, yakni Tatwa, Susila, dan Upacara. 
 

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ny. Ayu Suwirta didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra menghadiri pertunjukan kesenian yang diselenggarakan di Depan Monument Puputan Klungkung pada Sabtu (30/03).
 
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengharapkan mudah-mudahan melalui program Pemkab, Klungkung yakni Klungkung Menari, dapat membantu menjaga serta melestarikan segala bentuk kesenian yang ada di Kabupaten Klungkung, dan dapat menjadi salah satu cara menarik minat para generasi muda dalam meregenerasi dari seniman lama oleh seniman-seniman muda dengan tidak mengurangi ataupun menambahkan dari isi daripada kesenian tersebut. 
 
Dalam pertunjukaan kesenian ini, masyarakat Klungkung merasa terhibur dan menikmati menyaksikan pertunjukan kesenian sampai pertunjukan kesenian hingga  usai. (bbn/humasklungkung/rob)


Minggu, 31 Maret 2019 | 12:11 WITA


TAGS: Klungkung Menari Desa Tegak Fragmentari Lampahing Brahmana Keling



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: