DPMD Tabanan Terima 150 Keluhan Pengelolaan Dana Desa Tiap Bulan

Minggu, 31 Maret 2019 | 22:30 WITA

DPMD Tabanan Terima 150 Keluhan Pengelolaan Dana Desa Tiap Bulan

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Tabanan. Dinas Pemberdayaan Masyarakat Daerah (DPMD) Tabanan menerima 150 keluhan pengelolaan dana desa setiap bulannya. 
 

"Yang paling banyak keluhan karena salah mempost anggaran," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Daerah (DPMD) Tabanan Roemi Liestyowati, Minggu, 31 Maret 2019.
  
DPMD Tabanan telah membuat klinik Sistem Keuangan Desa (Siskeudes). Klinik yang dibuat pada 2015 berfungsi untuk menerima keluhan ketika petugas desa kebingungan dalam input data. “biasanya langsung ke klinik,” ujarnya.
  

Meskipun ada klinik Siskeudes, DPMD Tabanan masih turun langsung ke desa. "Sistem terus mengalami perubahan. Sekarang tinggal operator di setiap desa siap untuk belajar," kata Roemi.
 
Aplikasi Sikeudes dibuat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk membantu desa agar tertib dalam pelaporan keuangan dan pengelolaan keuangan desa. "Semudah apa pun aplikasi, jika aparatur pelaksananya belum menguasai aplikasi tersebut bisa tidak maksimal,” ujarnya.
 
Dana desa 2019 di Tabanan diberikan ke 133 desa dengan nilai Rp.118miliar. Jumlah tahun ini meningkat dari 2018, saat itu sebesar Rp 101 miliar. Desa di Tabanan yang mendapat gelontoran dana desa terbesar adalah Desa Pujungan, Kecamatan Pupuan Rp 1,6 miliar. Sementara jumlah dana desa terkecil diterima oleh Desa Tibubiu, Kecamatan Kerambitan sebesar Rp 750 juta. (bbn/tab/rob)
 


Minggu, 31 Maret 2019 | 22:30 WITA


TAGS: DPMD Tabanan Dana Desa Keluhan Pengelolaan



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: