RSD Mangusada Siapkan Layanan Bagi Caleg yang Stres Karena Gagal Terpilih

Selasa, 09 April 2019 | 19:00 WITA

RSD Mangusada Siapkan Layanan Bagi Caleg yang Stres Karena Gagal Terpilih

bbn/ilustrasi/badung.kab

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Mengantisipasi adanya calon legislatif (Caleg) yang mengalami masalah kejiwaan atau stres saat gagal dalam Pemilu 2019 nanti, pihak Rumah Sakit Daerah (RSD) Mangusada, Badung, telah menyiapkan pelayanan khusus.
 

Setidaknya ada dua dokter spesialis jiwa dan satu orang psikiater telah disiagakan di rumah sakit milik Pemkab Badung ini. "Ada kamar khusus untuk caleg bila alami stres atau masalah kejiwaan. Dalam penanganan kita siagakan dua dokter spesialis jiwa dan satu orang psikiater," jelas Direktur RSD Mangusada dr Nyoman Gunarta, Selasa (9/4).
 
Kata dia, pihak RSD Mangusada juga menyiapkan pengobatan apabila ada caleg sampai stres. “Jika dia (caleg –red) stres melakukan pengobatan ke RSD Mangusada, kami akan tangani seperti biasanya,” kata dr Gunarta.
 
Meski demikian, kata dia, pihaknya tidak bisa mengobatkan pasien yang mengalami gangguan jiwa atau gila. "Bila ada yang sampai gila, maka pihak rumah sakit akan langsung merujuk ke RSJ Bali," akunya.
 

Seperti diketahui berdasarkan data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Badung, terdapat 292 Caleg yang akan bertarung memperebutkan kursi DPRD Badung. Sebanyak 292 Caleg tersebut  terdiri dari 181 laki-laki dan 111 perempuan. Semua Caleg  ini tersebar di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Badung.
 
Rinciannya 69 Caleg berebut 10 kursi di Kecamatan Mengwi, 52 Caleg berebut 8 kursi di Abiansemal, dan 17 Caleg bersebut 3 kursi di Petang. Kemudian di Kuta Selatan terdapat 62 Caleg yang berebut lolos 8 kursi, di Kuta 45 Caleg mencari 5 kursi dan di Kuta Utara tedapat 47 Caleg yang akan bersaing mencari 6 kursi.
 
Nah, karena hanya mencari 40 orang, maka khusus untuk Caleg Badung saja dipastikan akan ada 252 orang caleg yang gagal. Kemudian belum lagi caleg DPR RI dan DPRD Bali. Banyaknya caleg yang berpotensi mengalami stres ini, membuat pihak RSD Mangusada menyiapkan pelayanan khusus untuk caleg. (bbn/maw/rob)


Selasa, 09 April 2019 | 19:00 WITA


TAGS: RSD Mangusada Caleg Stress Gagal Terpilih



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: