KPU Klungkung Bidik Partisipasi Warga Desa Tusan Dalam Simulasi Pemungutan Suara

Rabu, 10 April 2019 | 09:00 WITA

KPU Klungkung Bidik Partisipasi Warga Desa Tusan Dalam Simulasi Pemungutan Suara

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Klungkung. Desa Tusan, Kecamatan Banjarangkan menjadi satu-satunya lokasi simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara serta Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019 yang digelar di Kabupaten Klungkung oleh KPU Klungkung menjelang 17 April 2019.
 

I Gede Suka Astreawan, S.Sos., M.AP selaku Devisi Teknis Penyelengaraan, KPU Klungkung mengatakan simulasi yang terselenggara, Selasa (9/4) di TPS 006, Desa Tusan ini diselenggarakan bersama Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) Banjarangkan dan PPS Desa Tusan dengan mengambil peran sebagai Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). 
 
“Simulasi ini juga diikuti oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) Se-Kecamatan Banjarangkan. Dimana peran PPS dalam simulasi ini sebagai saksi, ada yang bersaksi menjadi pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden, Calon DPD, hingga saksi partai politik,” jelasnya.
 
Lebih lanjut ia menyebutkan masyarakat Tusan yang tercatat di Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada TPS 006 sebanyak 264 pemilih dan sebagian pemilih dari Pukul 07.00 Wita telah berpartisipasi menghadiri simulasi tersebut dengan melakukan pencoblosan. 
 

“Pemungutan suara berlangsung dari Pukul 07.00 sampai Pukul 13.00 Wita. Para pemilih yang sudah terdaftar di DPT TPS 006, Desa Tusan berperan sebagai pemilih hingga mencoblos spesimen surat suara Calon Presiden dan Wakil Presiden, Calon DPD-RI, Calon DPR-RI, Calon DPRD Provinsi dan Calon DPRD Kabupaten,” sebutnya seraya mengatakan setelah simulasi pemungutan suara selesai, KPPS akan melanjutkan ke tahapan penghitungan serta rekapitulasi hasil penghitungan suara.
 
Simulasi tersebut terselenggara, menurut Astreawan sebagai implementasi dari kegiatan Bimtek yang telah diberikan KPU Klungkung ke PPK dan PPS. "Sehingga dari simulasi ini kita bisa mengevaluasi hal-hal yang bisa kita benahi saat ada kekurangan dalam pemungutan dan penghitungan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan suara yang berlangsung di Desa Tusan," ungkapnya.(bbn/tra/rob)


Rabu, 10 April 2019 | 09:00 WITA


TAGS: KPU Klungkung Simulasi Desa Tusan



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: