Pramuka Juga Harus Dididik Kecerdasan Buatan dan "Internet of Things"

Jumat, 12 April 2019 | 13:00 WITA

 Pramuka Juga Harus Dididik Kecerdasan Buatan dan "Internet of Things"

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Klungkung, Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta mengatakan peringatan hari Bapak Pramuka ini bertujuan untuk memberi vibrasi kepada generasi penerus untuk dapat memberikan kontribusi lebih inovatif dalam pengembangan pendidikan kepramukaan sesuai konteks zaman dewasa ini yang lebih dikenal dengan masa revolusi industry 4.0. 
 

Pramuka harus dididik bukan hanya bahasa Morse, semaphore, atau tali-temali, tetapi juga bahasa dan pengetahuan di bidang digital, coding, kecerdasan buatan (artificial intelligence), Pengetahuan mengenai Advance robotic, internet of things juga harus diketahui. 
 
Demikian dikatakannya saat menghadiri Apel Peringatan Hari Bapak Pramuka Indonesia Bertempat di Depan Pemedal Agung Klungkung, pada Jumat (12/04).
Lebih lanjut, ia mengatakan anggota gerakan Pramuka di balik latihan baris berbaris, latihan mendirikan tenda, latihan membuat simpul tali harus lebih mampu menumbuhkembangkan nilai-nilai unggul karakter yang mendasarinya yakni nilai religuitas, nasionalis, integritas, kemandirian dan gotong-royong. Nilai-nilai unggul inilah yang harus ditanamkan oleh gerakan pramuka dengan cara-cara kreatif, cara-cara kekinian, cara-cara yang disenangi dan memikat perhatian generasi muda yaitu generasi yang kritis, yang mau bekerja keras, yang memiliki perilaku hidupnya yang sudah mengikuti perkembangan jaman. 
 
Selaku Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Klungkung, Kasta juga menyampaikan Gerakan Pramuka  pun memiliki tujuan yang mulia yakni membentuk setiap anggota pramuka yang memiliki kepribadian yang berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila serta melestarikan lingkungan hidup.
 

Wabup Kasta menyatakan momen peringatan  Hari Bapak Pramuka sengaja diadakan di Pelataran Musium Semarajaya sekaligus juga didekat dengan Pemedal Agung, memiliki tujuan antara lain, untuk memberi vibrasi mengenai betapa pentingnya nilai-nilai sejarah dalam kehidupan kita.  Peringatan Hari bapak Pramuka yang ditujukan untuk mengenang jasa bapak Sri Sultan Hamengku Buwono IX  pada gerakan Pramuka Di Indonesia. 
 
Wabup Kasta mengimbau agar Gerakan Pramuka di Kabupaten Klungkung bisa aktif dan berinovasi dan kepada pengurus saka-saka yang berada di Kabupaten Klungkung agar diaktifkan kembali.
 
Dalam Apel Peringatan tersbeut, diisi dengan menyanyikan Himne Satya Dharma Pramuka dan pembacaan riwayat kepramukaan Bapak Pramuka Indonesia, yakni Bapak Sri Sultan Hamengku Buwono ke-IX. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Klungkung Ketut Suadnyana dan undangan terkait lainnya. (bbn/humasklungkung/rob)


Jumat, 12 April 2019 | 13:00 WITA


TAGS: Klungkung Pramuka Dididik Kecerdasan Buatan Internet of Things



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: