Kursi Dewan Badung Bakal Didominasi Caleg PDIP

Jumat, 19 April 2019 | 20:00 WITA

Kursi Dewan Badung Bakal Didominasi Caleg PDIP

beritabali.com/ist/KPU Badung

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Badung. Ketua DPD PDIP Bali, I Wayan Koster mengklaim hampir setiap kabupaten di Bali, partai yang dipimpinnya unggul dalam pemilu 2019 ini. Bahkan terbanyak ada di Kabupaten Badung dan Tabanan.
 

Bahkan partai berlambang moncong putih ini berhasil mendominasi perolehan kursi legislatif di Badung dan Tabanan. Di Badung, dari 40 kursi parlemen yang diperebutkan sudah dapat dipastikan direbut PDI Perjuangan setengahnya. 
 
Dari enam Daerah Pemilihan (Dapil) di Badung perolehan kursi PDIP Dapil Mengwi (Badung1) dapat 8 kursi dari total 10 kursi, Abiansemal (Badung 2) dapat 6 kursi dari 8 kursi, Petang (Dapil 3) peroleh 2 kursi dari 3 kursi. 
 
Sedangkan Dapil Kuta Utara (Badung 6) dapat 4 dari 6 kursi, di Dapil Kuta (Badung 5) peroleh 3 dari 5 kursi, dan Kuta Selatan (Badung 4) peroleh 4 dari 8 kursi yang diperebutkan.
 
Dari perhitungan tersebut, dapat disimpulkan dari 40 kursi yang diperebutkan, PDIP mendominasi dengan perolehan 27 kursi. Sejumlah Caleg PDI Perjuangan bahkan tercatat sebagai top score dengan raihan suara cukup fantastis di Dapilnya masing-masing. 
 
Seperti I Nyoman Satria, Caleg Dapil Mengwi ini berhasil memperoleh suara terbanyak lebih dari 20 ribu suara. Sedangkan posisi kedua diduduki I Putu Alit Yandinata, Caleg Dapil Abiansemal ini berhasil meraup suara 11 ribu lebih.
 
Sementara untuk DPRD Provinsi Bali Dapil Badung diprediksi sapu bersih 6 kursi. Bahkan I Bagus Alit Sucipta alias Gus Bota Caleg DPR Bali dapil Badung dikabarkan memperoleh suara lebih dari 110 ribu suara.
 
Sekretaris DPC PDI Perjuangan Badung, Putu Parwata membenarkan bahwa perolehan kursi PDI Perjuangan di Badung meningkat. "Kita melihat berdasarkan hasil hitung cepat internal DPC PDI Perjuangan Badung, caleg PDI Perjuangan yang diprediksi lolos mencapai 27 orang. Ini baru hasil sementara berdasarkan hasil perhitungan masing-masing Dapil di wilayah Badung," ungkapnya, Jumat (19/4).
 

Lanjut Parwata, pada Pemilu 2019 ini raihan kursi dari PDIP melampaui target yang sebelumnya dipasang 21 kursi. Tidak hanya untuk di Badung, demikian Ketua DPRD Badung ini menyatakan untuk raihan kursi DPRD Bali juga ada penambahan. 
 
"Pastinya kita (PDIP Badung) berhasil merebut empat kursi. Peluang penambahan kursi juga masih ada. Pasalnya, input data belum sepenuhnya rampung," demikian Parwata.
 
Menurutnya, keberhasilan ini tidak lepas dari perjuangan Ketua DPC PDIP Badung, Nyoman Giri Prasta yang juga menjabat Bupati Badung dalam membuat terobosan untuk menambah kursi parlemen Badung. (bbn/maw/rob) 


Jumat, 19 April 2019 | 20:00 WITA


TAGS: Kursi Dewan Badung PDIP Mendominasi



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: