KPU Bali Terapkan Pengawas Ekstra Input Data Rekapitulasi Hasil Pemilu

Minggu, 21 April 2019 | 06:00 WITA

KPU Bali Terapkan Pengawas Ekstra Input Data Rekapitulasi Hasil Pemilu

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan mengakui KPU Bali menerapkan pengawasan ekstra dalam melakukan input data hasil rekapitulasi pemilihan umum (Pemilu) 2019. 
 

Pengawasan ekstra dilakukan dalam upaya meminimalisir adanya kesalahan dalam rekapitulasi data hasil Pemilu 2019. Menurut mantan Ketua KPU Bangli ini, pengawasan ekstra juga sebagai bagian dari kehati-hatian. Harapannya prosedur rekapitulasi dapat dijalankan secara optimal.
 
"Yang input itu berdasarkan C1 KPPS, saat rekap inilah kita harus tahu, kalau kerja KPPS salah maka kita harus melakukan perbaikan supaya tidak salah" kata Lidartawan saat dikonfirmasi pada Sabtu (20/4) malam.
 

Lidartawan menyebutkan pengawasan ekstra menjadi penting karena jumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang cukup banyak yaitu mencapai 12.386 TPS. Jumlah TPS dibuat menjadi banyak karena untuk mempercepat proses pencoblosan karena jumlah surat suara yang harus dicoblos ada 5 jenis. Lidartawan mengakui tidak akan mempercepat proses rekapitulasi pada setiap tahapan mulai dari tingkat kecamatan hingga tingkat provinsi. 
 
"Semua sudah ada tahapan, di tingkat kecamatan harus sudah selesai pada tanggal 1 atau 2 Mei. Pada tingkat provinsi kita targetkan sebelum tanggal 12 Mei karena di pusat akan diumumkan setelah tanggal 12 Mei," tegas Lidartawan.
 
Menyinggung adanya saling klaim kemenangan, Lidartawan menyatakan bahwa itu hal yang wajar. Namun klaim kemenangan tersebut belum didasarkan pada seluruh data C1.[bbn/Mul]


Minggu, 21 April 2019 | 06:00 WITA


TAGS: KPU Bali Rekapitulasi



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: