Gunung Agung Erupsi Dengan Tinggi Kolom Abu Capai 2.000 M

Minggu, 21 April 2019 | 07:00 WITA

Gunung Agung Erupsi Dengan Tinggi Kolom Abu Capai 2.000 M

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Karangasem. Gunung Agung di Kabupaten Karangasem kembali mengalami erupsi dengan tinggi kolom abu mencapai sekitar 2000 m. Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karangasem, erupsi terjadi pada Minggu 21 April 2019 sekitar pukul 03.21 Wita.


Laporan Magma Var menyebutkan kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat daya. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 25 mm dan durasi ± 2 menit 55 detik.

Sebagai upaya penanggulangan Tim Reaksi Cepat dipimpin oleh Kasi. Kedaruratan dan Logistik BPBD Karangasem telah bergerak ke lokasi terdampak hujan abu untuk pembagian masker dan assessment dampak erupsi serta berkoordinasi dengan instansi terkait. Hingga laporan ini diturunkan tidak ada korban jiwa maupun luka-luka.

Adapun daerah yang dilaporkan sudah  terpapar hujan abu tebal hingga tipis yaitu Kecamatan Selat yang meliputi Bukit Galah, Sebun, Telung Bhuana, Badeg Tengah, Badeg Dukuh, Perang Sari, Geriana Kauh, Tegeh Amertha Bhuana, Pura Pasar Agung Sebudi, dan Banjar Pura Sebudi.

Berikutnya paparan hujan abu juga dilaporkan terjadi di Kecamatan Bebandem Yang meliputi Banjar Nangka, Banjar Bukit Paon, wilayah Banjar.Butus bagian atas, Banjar Yeh Kori Jungutan, Desa Sibetan bagian atas. Paparan hujan abu juga terjadi di luar daerah Kabupaten Karangasem yaitu Kabupaten Bangli dan Klungkung.[bbn/BPBD Karangasem/mul]


Minggu, 21 April 2019 | 07:00 WITA


TAGS: Gunung Agung erupsi



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: