Pemkab Klungkung Tampilkan Kolaborasi Budaya Serangkaian HUT Puputan Klungkung ke-111

Rabu, 24 April 2019 | 09:30 WITA

Pemkab Klungkung Tampilkan Kolaborasi Budaya Serangkaian HUT Puputan Klungkung ke-111

Beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Klungkung. Pemerintah Kabupaten Klungkung menggelar malam hiburan seraingkaian HUT  Puputan Klungkung ke-111 dan HUT Kota Semarapura ke-27. Malam hiburan dengan konsep kolaborasi budaya tersebut digelar di Panggung Terbuka Lapangan Puputan Klungkung pada Selasa (23/04/2019). Pagelaran kolaborasi budaya tersebut dihadiri Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan Ny. Ayu Suwirta didampingi Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta.

Dimana kolaborasi yang dimaksud adalah dengan mempersembahkan  Debus, yang merupakan kesenian bela diri yang bisa  dijumpai di Banten dan lain-lainnnya. Debus mempertunjukan kemampuan manusia yang luar biasa, misalnya kebal senjata tajam, kebal air keras, dan lain- lain.

Dalam kesenian debus terdapat nilai-nilai budaya yang berkaitan dalam pembinaan budaya kewarganegaraan. Nilai-nilai tersebut yaitu nilai gotong royong, nilai religius, nilai kerja keras, nilai kerjasama, nilai silahturahmi, nilai kearifan lokal, nilai pendidikan dan nilai kebersamaan yang dapat terlihat dalam kehidupan sehari-hari.

Kesenian Debus ini dikolaborasikan dengan budaya Tarian Barong dan Rangda, yang  Dalam kepercayaan spiritual masyarakat Hindu Bali, dikenal adanya konsep rwa bhineda yang secara harfiah bermakna dua perbedaan yang berjalan harmonis. Rwa bhineda mengajarkan dua hal yang bertolak belakang tersebut sesungguhnya saling menyeimbangkan satu sama lain agar kehidupan berjalan dengan harmonis. Kesenian Debus ditampilkan oleh Ki Sawang Jati dan untuk tarian Barong dan Rangda ditarikan oleh Putu Krisna Dwipayana Kasta.

Dalam Malam hiburan tersebut dimeriahkan oleh penampilan bintang musik Pop Bali Ari Kencana, Neli Ambarawati, Atraksi Magic Made Bayu Gendeng (The Master RCTI Season 3 Asal Klungkung), Bondres Lawak STI Bali Palawara Musik seta Manubada Dance. Turut hadir dalam acara tersebut Ida Dalem Semaraputra, Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra, serta undangan terkait lainnya. [bbn/humasklungkung/mul]


Rabu, 24 April 2019 | 09:30 WITA


TAGS: Kolaborasi BUdaya Klungkung



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: