Politeknik Internasional Bali Beranjak Menuju Green Campus

Kamis, 25 April 2019 | 10:17 WITA

Politeknik Internasional Bali Beranjak Menuju Green Campus

Beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Tabanan. Menurut Direktur Kampus Politeknik Internasional Bali (PIB) yang telah mampu membawa Program Studi D4 Manajemen Bisnis Hotel mencapai kreditasi B dalam 2 tahun, Prof. Dr.Ir. Sulistyawati, M.S.,M.M.,M.Mis.,D.Th.,Ph.D., D.Ag, Kamis (25/4) di Tabanan mengatakan, selain akan tingkatkan kualitas lulusan. PIB juga akan berajak menuju green campus dimulai saat ini.



Jika dilihat luas total lahan kampus PIB seluas 15 hektar, yang saat ini baru sebagian dibangun seluas 5 hektar. Yang saat ini juga, telah terlihat ruang hijaunya sangat mendominasi. Yang serasi dengan arsitektur bangunannya.



Selain itu menurut Prof. Sulistyawati, tidak hanya sekedar lingkunganya saja yang dihijaukan, akan tetapi, SDM didalamya juga meski memiliki kepedulian terhadap lingkungan juga.

"Kedepan Kampus kami (PIB) akan menuju Green Campus," ucapnya.

Disampaikan, bukan sekedar menghijaukan lingkungan kampusnya saja. Akan tetapi, prilaku SDM di Kampus   nantinya harus peduli juga terhadap lingkungan disekitar.



"SDM di Kampus juga sangat perlu dirubah prilakunya, misal terkait mengurangi penggunaan plastik di Kampus. Mulai  dari minuman botol sampai sedotan plastik," ujarnya.

Dilanjutkan, mulai saat ini di Kampus PIB dalam menyajikan minuman kepada tamu pasti menggunakan gelas.  Dosen, staf dan mahasiswa harus bawa Tambler sendiri yg akan  diberikan oleh PIB. Tidak lagi ada air mineral berbotol plastik, apa lagi, menggunakan sedotan plastik.

"Terkait dengan pembatasan penggunaan sedotan plastik, kami juga selalu jelaskan kepada para mahasiswa, bahwasanya pemakaian sedotan plastik jika dibuang sembarang ke sungai atau ke laut nantinya akan bisa dimakan oleh, habitat yang ada disana. Karena, sedotan plastik dikira cacing oleh ikan maupun kura-kura," paparnya.

Sembari dirinya menambahkan, 5 hektar total lahan yang dipakai areal kampus saat ini telah hijau. Yang nantinya, jika total dikembangkan kedepan kampus PIB akan memiliki luas mencapai 15 hektar dengan tetap memperhatikan lingkungan yang green tentunya.

Politeknik Internasional Bali yang merupakan tourismpreneurship campus pertama di Indonesia ini, selain menyelenggarakan pendidikan vokasi di bidang manajemen perhotelan juga menyelenggarakan program studi D3 Seni Kuliner dan D4 Pengelolaan Konvensi dan Peristiwa. Hal ini sejalan dengan misi pemerintah dalam rangka mengurangi pengangguran di Indonesia dan menyiapkan tenaga kerja yang siap pakai dan berstandar internasional dalam bidang pariwisata dan perhotelan. (bbn/aga)


Kamis, 25 April 2019 | 10:17 WITA


TAGS: pib politeknik internasional bali pariwisata tabanan



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: