Pecalang Denpasar Lakukan Sidak Plastik Saat Saraswati di Pura Agung Jagatnatha

Sabtu, 11 Mei 2019 | 19:40 WITA

Pecalang Denpasar Lakukan Sidak Plastik Saat Saraswati di Pura Agung Jagatnatha

Beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Pecalang Kota Denpasar melakukan sidak pengurangan penggunaan plastik saat perayaan Hari Suci Saraswati yang dilaksanakan di Pura Agung Jagatnatha, Denpasar pada Sabtu (11/5). Sidak dilakukan sebagai bagian dari tidaklanjut komitmen pengurangan sampah plastik di Kota Denpasar.

Dalam kesempatan tersebut juga turut disosialisasikan Perwali Nomor 36 Taun 2018 tentang pengurangan plastik sekali pakai. Para pemedek yang hendak bersembahyang di Pura Agung Jagatnatha tidak diperkenankan membawa plastik sebagai pembungkus canang maupun sarana tempat tirta.

Salah seorang Pecalang, I Nyoman Suarjana mengatakan bahwa pemedek yang tangkil tidak lagi diperkenakan membawa plastik sebagai tempat canang dan sarana nunas tirta. Hal ini selain untuk mentaati Perwali Nomor 36 Tahun 2018, juga untuk menghindari adanya sampah plastik di kawasan pura.

“Iya untuk menghindari adanya sampah plastik yang tentunya dapat mencemari kesucian pura dan tidak enak dipandang, sehingga sebelum memasuki pura kita minta pemedek untuk mngumpulkan plastiknya,” kata Suarjana.

Sementara serangkaian Saraswati, Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara mengatakan bahwa momentum peringatan Hari Suci Saraswati ini tentunya wajib dimaknai bersama oleh seluruh umat se-Dharma dimanapun berada. Hal ini lantaran Hari Suci Saraswati diperingati sebagai piodalan Sang Hyang Aji Saraswati yang telah menganugrahkan ilmu pengetahuan bagi kehidupan manusia.

Rai Iswara menambahkan, ilmu pengetahuan merupakan elemen penting dalam kehidupan manusia. Dimana, ilmu merupakan senjata dalam mengarungi kehidupan. Sehingga keberadaan ilmu pengetahuan menjadi penting bagi kehidupan manusia di alam semesta ini.

“Kami segenap jajaran Pemerintah Kota Denpasar mengucapkan selamat Hari Suci Saraswati bagi seluruh umat se-Dharma, semoga momentum hari suci ini dapat kita manfaatkan bersama sebagai ajang interospeksi diri dan meningkatkan sradha bhakti kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa dalam prabhawanya sebagai Sang Hyang Aji Saraswati sebagai dewi ilmu pengetahuan,” jelasnya.[bbn/HumasDenpasar/mul]


Sabtu, 11 Mei 2019 | 19:40 WITA


TAGS: Sidak Plastik Pecalang Saraswati



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: