Gunung Agung Kembali Erupsi, Disertai Lontaran Lava Pijar

Sabtu, 18 Mei 2019 | 07:05 WITA

Gunung Agung Kembali Erupsi, Disertai Lontaran Lava Pijar

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Karangasem. Gunung Agung kembali mengalami erupsi pada Sabtu (18/05/2019) dini hari sekitar pukul 02.09 Wita. 
 

Sebelumnya, salah seorang relawan memperingatkan bahwa telah terjadi peningkatan suara Seismogram radio riley (SRR). Hanya beberapa detik setelah diinformasikan mengenai peningkatan suara SRR, terasa getaran hingga di radius 9 kilometer dari puncak kawah yang disertai dengan suara gemuruh yang cukup keras. 
 
Berdasarkan pantauan media ini, sesaat setelah erupsi terjadi, di radio frekuensi yang dipergunakan Pasebaya hampir di seluruh wilayah lingkar Gunung Agung melaporkan situasi baik secara visual, ketinggian asap hingga api yang menyala akibat lontaran batu pijar.
 
 

"Dari wilayah Dukuh, teramati asap membubung tinggi dan terlihat cahaya glow, untuk di lereng Gunung juga masih terlihat titik apai," laporan anggota Pasebaya asal Dukuh, Kubu, Karangasem yang juga sebagai Kepala Desa Dukuh, I Gede Sumiarsa.
 
Sementara itu, berdasarkan rilis yang dikeluarkan PVMBG, telah terjadi erupsi Gunung Agung, Bali pada tanggal 18 Mei 2019 pukul 02.09 Wita dengan tinggi kolom abu teramati lebih dari 2.000 meter di atas puncak kawah atau 5.142 meter di atas permukaan laut.
 
Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong mengarah kearah timur dan tenggara. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 25 mm berdurasi 2 menit 57 detik. (bbn/igs/rob)


Sabtu, 18 Mei 2019 | 07:05 WITA


TAGS: Gunung Agung Erupsi



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: