Ratusan Lansia Ikuti Lomba Megenjekan Hingga Berpasangan Pakaian Adat ke Pura

Minggu, 26 Mei 2019 | 19:00 WITA

Ratusan Lansia Ikuti Lomba Megenjekan Hingga Berpasangan Pakaian Adat ke Pura

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Ratusan lansia terlibat dalam berbagai lomba dari mulai lomba joged dan pengibing lansia yang diikuti oleh  13 pasang, lomba megenjekan ada empat sekaa hingga lomba berpaikaian adat berpasangan ke pura diikuti oleh 12 pasang lansia.    
 

Hal ini terungkap saat serangkaian Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang diperingati setiap 29 Mei oleh Pemkot Denpasar melalui Dinas Sosial Kota Denpasar di Halaman Parkir Graha Sewaka Dharma Lumintang, Denpasar, Minggu (26/5). 
 
Selain lomba, rangkaian kegiatan ini meliputi senam massal lansia, bakti sosial dengan pemberian sembako, safari kesehatan sebagai upaya meningkatkan derajat kesehatan lansia.Peringatan yang kali ini  mengambil tema Lanjut Usia Mandiri, Sejahtera, dan Bermartabat ini dibuka Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara didampingi Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, beserta Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara. 
 
 
Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Tim PKK Kota Denpasar Ny. I.A. Selly Dharmawijaya Mantra,  Ketua WHDI Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Denpasar, Ny. Kerti Iswara,  Camat se-Kota Denpasar dan Kepala OPD terkait lainya.
 
Sebelum acara di mulai, Jaya Negara  turut menyapa para lansia yang tampak ceria dan sumringah. Selanjutnya sesekali bercengkrama serta menyaksikan demontrasi  senam lansia yang dibawakan ratusan peserta lanjut usia yangn masih enerjik di usia senja. 
 
Rangkaian kegiatan diawali dengan senam bersama guna meningkatkan kesehatan lansia, tampak berbaur langsung dengan mengikuti senam bersama, Ketua TP. PKK Kota Denpasar, Ny. I.A. Selly Dharmawijaya Mantra serta Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Denpasar, Ny. Kerti Iswara. Ratusan lansia dilibatkan dalam peringatan HLUN lewat berbagi perlombaan seperti, Lomba Joged dan Pengibing Lansia, Lomba Megenjekan, Lomba Busana Adat Bali, hingga kegiatan Safari Kesehatan dan Penyerahan Bantuan Sosial.   
 
 
“HLUN ini memang diperingati setahun sekali di Kota Denpasar, dan tentunya menjadi peringatan hari keluarga lansia serta memberikan ruang kepada para lansia untuk memotivasi semangat berprilaku hidup sehat. Melalui acara ini para lansia menampilkan kebolehahan atau keterampilan mereka di usia senja’’, ujar Jaya Negara disela kegiatan. 
 
Lebih lanjut dikatakan, HLUN tidak saja menjadi peringatan rutin di Denpasar, namun diharapkan mampu memberikan kemandirian, kesejahteraan serta meningkatkan martabat para lansia itu sendiri. Hal ini tentunya telah dilakukan  berbagai program oleh Pemkot Denpasar yang nantinya mampu memberikan manfaat baik dari segi kesehatan maupun program-program pelayanan lansia lainya guna memajukan pembangunan kota Denpasar dan berharap acara kedepanya bisa lebih memotifasi lansia untuk menjaga hidup sehat dan mempererat silaturahmi di antara lansia.
 

"Dari peringatan HLUN Tahun 2019 di Kota Denpasar ini tentunya kami berharap kepada semu pihak agar dapat menumbuhkan kemandirian , kesejahteraan serta meningkatkan martabat lansia di usia senja," ujar Jaya Negara. 
 
Sementara  Kadis Sosial Kota Denpasar, Made Merta Jaya  mengatakan, peringatan  HLUN bertujuan untuk menggugah semangat lanjut usia yang di rangkai dengan berbagai kegiatan lomba sebagai ajang pertemuan silahturahmi para lansia. 
 
“Peringatan HLUN di kota Denpasar yang diselenggarakan melalui berbagai kegiatan terpadu antara masyarakat dan pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas kesejahteraan lanjut usia” ujarnya. Penampilan para lansia ini yang sudah berumur diatas 60 tahun mengundang gelak tawa para penonton yang hadir. (bbn/humasdenpasar/rob)


Minggu, 26 Mei 2019 | 19:00 WITA


TAGS: Pemkot Denpasar HLUN Lansia Megenjekan Lomba



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: