Lolos di Gilimanuk, Warga Pendatang Terjaring Razia KTP di Mengwi

Selasa, 11 Juni 2019 | 12:52 WITA

Lolos di Gilimanuk, Warga Pendatang Terjaring Razia KTP di Mengwi

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Badung. Sejumlah penumpang bus yang tidak membawa kelengkapan identitas kependudukan, terjaring razia KTP yang digelar satpol pp kabupaten Badung di terminal tipe A Mengwi, Badung, Bali. 
 

Gencarnya razia KTP dilakukan seiring peningkatan kedatangan penduduk pendatang yang mulai membanjiri Bali pasca libur Lebaran. Saat bus yang datang dari sejumlah kota di pulau Jawa tiba di pintu kedatangan terminal tipe A Mengwi, Badung, puluhan petugas Satpol PP kabupaten Badung langsung bergegas memeriksa satu per satu Kartu Tanda Penduduk (KTP) milik penumpang. 
 
Pelaksanaan razia KTP ini juga untuk menjaring penduduk pendatang yang berhasil lolos masuk ke Bali, setelah menghindari razia yang sama di pelabuhan Gilimanuk Jembrana.  
 
Dari ribuan penumpang bus yang turun di terminal Mengwi, petugas berhasil mengamankan sejumlah penumpang karena tak memiliki identitas kependudukan yang jelas. 
 
Seorang penumpang yang terjaring razia mengatakan bisa dengan mudah menghindari razia kependudukan di pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, setelah memberi sejumlah uang lebih kepada kernet bus.
 
"Saya memang tidak punya KTP. Tadi lolos di Gilimanuk karena kasi uang ke kernet busnya," ujar Deki, salah satu warga yang terjaring razia.
 

Sementara penumpang lainnya beralasan tak mampu menunjukkan identitas karena KTP nya rusak. Penumpang yang terjaring razia mengaku tujuan kedatangan ke Bali sengaja untuk mencari pekerjaan. Bila tak  memiliki penjamin maupun  tak mempunyai tujuan yang jelas, pendatang tanpa identitas ini selanjutnya kembali dipulangkan ke daerah asal.
 
"Razia kelengkapan identitas administrasi kependudukan  yang dilakukan Satpol PP Badung ini sebagai upaya menyeleksi penduduk pendatang agar nantinya tak menjadi beban daerah, terutama berkaitan dengan keamanan, kenyamanan, serta ketertiban umum," ujar Kasatpol PP Kabupaten Badung, I Gusti Agung Ketut Suryanegara, di Terminal Mengwi, Senin (10/6/2019).
 
Pelaksanaan sidak rencananya terus berlangsung hingga musim arus balik Lebaran berakhir. Jika ada penduduk pendatang tanpa identitas berhasil lolos pada razia di terminal Mengwi, maka penertiban selanjutnya akan menyasar kantong-kantong penduduk pendatang yang ada di wilayah kabupaten Badung. [bbn/bad/psk]


Selasa, 11 Juni 2019 | 12:52 WITA


TAGS: Razia KTP Satpol PP Badung Lolos di Gilimanuk



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: