Orang Tua Anak Difabel Mendapat Pelatihan Membuat Siomay

Minggu, 16 Juni 2019 | 10:00 WITA

Orang Tua Anak Difabel Mendapat Pelatihan Membuat Siomay

beritabali.com

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Bali Export Development Organization (BEDO), Rumah Sanur Creative Hub, Yayasan Puspadi Bali dan Annika Linden Center  memberikan pelatihan kewirausahaan kepada orang tua anak difabel. Pelatihan yang diberikan adalah pelatihan membuat dan bisnis kuliner siomay.
 
"Salah satu materi pelatihan yang diberikan adalah bagaimana membangkitkan gairah dagang agar mereka mempunyai dana tambahan untuk menutupi kehidupan sehari-hari," kata Irene Setyawati, dari BEDO, saat Lokakarya 'Membuat Siomay Untuk Orang Tua Difabel bersama BEDO dan Cutam Kuliner' di Annika Linden Center, Denpasar, Sabtu (15/9/2019).
 
Menurutnya, tak dapat dipungkiri beratnya beban ekonomi yang harus dipikul oleh para orang tua anak dengan kebutuhan khusus atau disabilitas, seperti biaya hidup, dana pendidikan dan terapi kesehatan, biaya pendampingan dan sebagainya. 
 
"Pemberdayaan ekonomi melalui kegiatan wirausaha ini diperlukan untuk menopang biaya hidup tinggi para orang tua dari anak anak penyandang disabilitas. Tinggal dicermati apa jenis usahanya serta bagaimana menjalankan promosi usahanya dengan benar," tambah Irene.
 
"Rumah Sanur Creative Hub sangat mendukung acara ini, sebab diperlukan kepedulian kita semua terhadap kaum disabilitas," kata Summa Durie dari Sanur Creative Hub.
 
Menurutnya, inisiasi program yang menyentuh pemberdayaan ekonomi para orang tua disabilitas masih sangat jarang dilakukan. Selama ini masyarakat dan LSM masih hanya terpaku dalam kepedulian terhadap penyandang difabilitasnya saja namun belum memikirkan cara para orang tua disabilitas untuk menopang kehidupannya sehari-hari," terang perempuan asal Australia ini.[bbn/rls/psk]


Minggu, 16 Juni 2019 | 10:00 WITA


TAGS: difabel disabilitas bali



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: