Universitas Mataram Gandeng FK Unud untuk Jalur Spesialis

Selasa, 18 Juni 2019 | 15:50 WITA

Universitas Mataram Gandeng FK Unud untuk Jalur Spesialis

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Lombok. Melengkapi statusnya sebagai lembaga pendidikan kedokteran yang sudah terakreditasi A, Fakultas Kedokteran Universitas Mataram (FK Unram) segera membuka jalur pendidikan untuk dokter spesialis. 
 

Untuk itu, FK Unram sudah menggandeng Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (FK Unud), Bali untuk bekerjasama. Dekan FK Unram, dr Hamsu Kadriyan SpTHT-(KL)K M Kes, mengatakan bentuk kerjasama dengan FK Unud ini adalah untuk pendidikan spesialis Bedah (SpB) dan spesialis Kandungan atau Obgyn (Obstetri dan Genekologi).
 
"Dua spesialisasi ini kita buka sesuai kebutuhan di  NTB saat ini," kata Dokter Hamsu, ditemui usai audensi dengan Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr H Zulkiflimansyah, Jumat (14/6) lalu. 
 
Untuk jalur pendidikan dokter spesialis bedah kata Hamsu, langkah ini sebagai persiapan Provinsi NTB yang akan menjadi tuan rumah laga MotoGP di Kuta Mandalika, Lombok Tengah yang ditarget Presiden Jokowi terlaksana Januari 2021.
 
"Lombok akan menjadi tuan rumah MotoGP 2021 nanti. Sesuai arahan presiden dan memenuhi standar pelayanan internasional, khususnya masalah trauma bedah. Trauma centre istilahnya," papar Hamsu. 
 
 
Penanganan trauma centre event MotoGP ini, dilakukan bersama Rumah Sakit Propinsi NTB.Sedangkan untuk pendidikan Spesialis Kandungan, disesuaikan kebutuhan di propinsi NTB saat ini."Kebutuhan dokter spesialis kandungan masih kurang, masih belum merata di daerah lain di NTB," jelas dokter Hamsu. 
 
Langkah pembicaraan kerjasama dengan FK Unud sudah dilakukan, salah satunya mendatangkan dokter bergelar profesor atau guru besar dari Bali. Mendampingi SDM yang sudah ada di FK Unram. FK Unram sudah menyandang status Terakreditasi A sejak 2017 dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM PTKes) Indonesia. (bbn/lom/rob)


Selasa, 18 Juni 2019 | 15:50 WITA


TAGS: FK Universitas Mataram Gandeng FK Unud



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: