Joged Sente Dan Arja Kabupaten Badung Setia Menghiasi PKB

Kamis, 20 Juni 2019 | 10:40 WITA

beritabali.com

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Joged Sente yang berasal dari Banjar Sente, Desa Pikat, Kecamatan Dawan, Klungkung telah berdiri sejak tahun 1950. Seiring dengan perkembangan waktu, nama Joged Sente berubah menjadi Joged Dharma Laksana yang telah menginjak usia 69 tahun. Selama perjalanannya, nama Joged Sente tetap membekas dimasyarakat karena sejak pembukaan PKB awal yakni tanggal 20 Juni 1979, Joged Sente telah tampil dan hingga detik ini pun Joged Sente masih setia menghibur masyarakat Bali.
.
Selain itu penonton juga menantikan pementasan Parade Arja dari Duta Kabupaten Badung. Penampilan Parade Arja dari Duta Kabupaten Badung menuai pujian, Penonton yang memenuhi kalangan Ayodya sungguh terbahak-bahak melihat tingkah anak-anak yang masih umur belasan tahun berperan sebagai penari-penari dalam arja malam itu. Bertempat di Kalangan Ayodya, Art Centre, Sanggar Citta Usadi membawakan garapan yang bertajuk "Aji Amertha Sanjiwani". Aji Amertha Sanjiwani sendiri merupakan sebuah ilmu pengurip-urip atau ilmu yang bisa menghidupkan orang mati.
.
Penampilan dari Duta Kabupaten Badung ini pun mendapat pujian. "Luar biasa sangat bagus sekali karena di usia anak-anak sudah bisa menarikan yang seperti ini adalah luar biasa," ucap Jero Ratna, pensiunan arja RRI sekaligus juri pada parade arja kali ini.  Menurutnya, ada beberapa hal yang masih perlu dipelajari, misalnya, mengasah tari, penjiwaan, hingga penguasaan panggung. Meski demikian, Jero Ratna berharap banyak pada generasi muda yang mau meneruskan seni arja. "Mudah-mudahan niki berlanjut untuk generasi mendatang, agar arja tetap lestari." tutupnya.


Kamis, 20 Juni 2019 | 10:40 WITA


TAGS: #beritabali #beritabalitv #berita #bali #JogetBali #kesenian #KesenianBali #PKB #PKB2019 #PestaKesenianBali



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: