Pelamar SMA Negeri Wajib Pilih Alternatif Sekolah Swasta

Sabtu, 22 Juni 2019 | 12:20 WITA

Pelamar SMA Negeri Wajib Pilih Alternatif Sekolah Swasta

beritabali.com

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Bagi para siswa yang melamar di SMA negeri, selain memilih dua sekolah negeri, mereka juga diwajibkan untuk memilih sekolah swasta.
 
Hal itu penting karena akan menjadi alternatif apabila calon siswa tidak diterima di sekolah negeri. 
 
Ketentuan ini merupakan kebijakan dari Dinas Pendidikan Provinsi Bali, untuk mendata minat siswa memilih sekolah swasta. Informasi tersebut akan diarahkan oleh petugas verifikasi ketika melakukan pendaftaran di sekolah negeri. 
 
"Seandainya tidak dapat di negeri, mau memilih di sekolah swasta mana yang di zona tersebut. Itu tidak muncul di online, itu bahan kami di Disdik sebgaai bahan pemetaan ataupun pendataan, seberapa banyak minat seorang siswa yang tidak dapat negeri di suatu zona, dan memilih satu swasta yang ada di sana," jelas Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bali, I Ketut Ngurah Boy Jayawibawa, Rabu (19/6). 
 
Kata wajib yang dimaksud dalam ketentuan itu, menurut Boy, adalah untuk kepentingan pendataan saja, yang akan menjadi data pembanding pemilihan suatu sekolah swasta pada tahun berikutnya. Sementara pendaftaran pada sekolah swasta dan SMK tidak diatur dengan zonasi. 
 
Dinas Pendidikan Provinsi Bali juga telah melakukan pemetaan sejak Januari lalu. Untuk daya tampung SMA/SMK negeri dan swasta diprediksi sebanyak 76.395 siswa. Sedangkan jumlah tamatan SMP di tahun 2019 sebanyak 65.081. Jika semua tamatan SMP nantinya melanjutkan ke SMA/SMK, berarti masih ada sisa kursi sebanyak 11.314. [bbn/rls/psk]


Sabtu, 22 Juni 2019 | 12:20 WITA


TAGS: ppdb sma bali



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: