PPDB di Tabanan Tunggu Revisi Aturan Jalur Prestasi dan Arahan Bupati

Senin, 24 Juni 2019 | 08:05 WITA

PPDB di Tabanan Tunggu Revisi Aturan Jalur Prestasi dan Arahan Bupati

bbn/ilustrasi

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Tabanan. Penerimaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 khusus SMP di Tabanan masih menunggu revisi aturan di jalur pendaftaran prestasi dari 5 persen menjadi 15 persen. 
 

Hingga kini, Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan masih akan berkoordinasi dengan Bupati Tabanan. Pelaksana tugas Dinas Pendidikan Tabanan I Wayan Miarsana mengatakan, surat edaran adanya perubahan revisi khusus di jalur prestasi baru diterima tanggal 21 Juni 2019 malam. Terkait perubahan itu masih akan dikoordinasikan kepada pimpinan karena dirinya belum bisa memutuskan sendiri. 
 
"Apakah ini akan dijalankan atau seperti apa, ini belum bisa kami putuskan sendiri," ujarnya, Minggu (23/6). 
 
Sehingga untuk saat ini pihaknya masih menggunakan aturan lama khusus di jalur prestasi. Lagi pula setelah rapat koordinasi yang melebihi kouta pendaftaran khusus di jalur prestasi ada di SMPN 1 Tabanan dan SMPN 2 Tabanan. 
 
"Sekolah di SMPN 1 Kediri itu tidak melebihi kouta masih aman, malah di kecamatan lain ada yang kosong di jalur prestasi," jelas Miarsana. 
 
Dikonfirmasi terpisah Kepala SMPN 1 Tabanan I Wayan Widarsa mengatakan sejak dibuka pendaftaran jalur prestasi mulai tanggal 19 dan ditutu tanggal 22 Juni pendaftar jalur prestasi sudah mencapai 58 orang. Dan ini sudah melebihi kouta sehingga akan ada yang tidak lulus. "Sudah 58 orang, kalau kouta 5 persen hanya diterima 18 orang," jelasnya.
 

Sedangkan terkait dengan adanya revisi kouta jalur prestasi bertambah menjadi 15 persen Widarsa menyarankan bertanya ke Dinas Pendidikan. "Nah untuk ini (masalah kouta) silakan bertanya ke Dinas Pendidikan Tabanan," tegasnya. Kouta siswa di SMPN 1 Tabanan sebanyak 352.
 
Di sisi lain jalur prestasi di beberapa sekolah yang tidak termasuk sekolah favorit rupanya biasa-biasa saja. Bahkan banyak yang kosong pendaftar. Salah satu contoh SMP baru yakni SMPN 5 Kediri. Hingga penutupan pendaftaran jalur prestasi tanggal 22 Juni belum ada satu pendaftar. "Masih kosong belum ada mendaftar," ujar Kepala SMPN 5 Kediri I Nyoman Sutarya. 
 
Ditambahkanya daya tampung siswa di SMPN 5 Kediri berjumlah 128 orang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa per kelas 32 orang. "Untuk bangku memang kami sudah usulkan dan kordinasi dan sementara ini memang belum datang," katanya. (bbn/tab/rob)
 


Senin, 24 Juni 2019 | 08:05 WITA


TAGS: PPDB Tabanan Revisi Aturan Arahan Bupati



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: