Wagub NTB Promosi ke Perancis Tradisi 'Mulang Pakelem' Umat Hindu di Lombok

Senin, 24 Juni 2019 | 16:25 WITA

Wagub NTB Promosi ke Perancis Tradisi 'Mulang Pakelem' Umat Hindu di Lombok

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Lombok. Dalam lawatannya ke Perancis selama sepekan menghadiri forum UNESCO, Wakil Gubernur Propinsi NTB, Dr Hajah Sitti Rohmi Djalilah menggunakan kesempatan itu untuk mempromosikan pariwisata yang ada di Lombok. 
 

Di hadapan para pelaku bisnis dan pariwisata, Wagub Rohmi jugw mempromosikan upacara 'Mulang Pakelem' tradisi umat Hindu yang ada di Lombok. 
Di Lombok kata Wagub, wisatawan bisa menemukan upacara umat Hindu, yaitu Mulang Pakelem. Upacara harmoni ini dilakukan umat Hindu untuk melindungi alam, dan diadakan tiap tahun di bulan November.
 
Di hadapan para pelaku bisnis perjalanan wisata setempat, Wagub mempresentasikan keindahan NTB, dan alasan mengapa warga Prancis harus berwisata ke Lombok.  "NTB memiliki memiliki salah satu pantai dan gunung terindah di negara ini. Orang-orangnya sangat ramah dan berbudaya," kata Wagub, seraya menekankan NTB kaya dengan aspek  budayanya. 
 
 
Ada sebuah seni tradisional suku Sasak di Lombok yang disebut peresean. Sebuah seni tradisional dimana para pria berkumpul untuk menguji  keberanian dan kekuatan mereka dalam pertempuran. 
 
"Tinggal di salah satu desa wisata kami, adalah benar-benar cara terbaik untuk menyerap budaya NTB," jelas Rohmi Djalilah berpromosi, dalam temu bisnis  di Paris (20/6). 
 

Bagi wisatawan yang menginginkan olahraga pantai, NTB adalah rumah bagi beberapa ombak terbaik untuk para peselancar. Termasuk Bangko-bangko di pulau Sumbawa dan Gerupuk di Lombok. Ada snorkeling di Gili Meno, atau menyelam di Gili Matra. Juga ada tempat-tempat mewah di pulau Moyo dan jauh dari kebisingan.
 
"Atau anda bisa ke Tanjung Bloam dan anda tidak akan menerima wifi atau sinyal lainnya di sana," ujar Rohmi.
 
Wagub dan rombongan berkunjung ke Prancis menghadiri 'The 31 Ist Sessions of the Man and the Biosphere  (MAB) Programme Internasional Coordinating Council, yang ditutup Kamis (20/6) 2019. (bbn/lom/rob)


Senin, 24 Juni 2019 | 16:25 WITA


TAGS: Wagub NTB Lombok Promosi Perancis Mulang Pekelem



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: