2 Sekolah di Tabanan Revisi Penerimaan Siswa Jalur Prestasi

Senin, 24 Juni 2019 | 20:00 WITA

2 Sekolah di Tabanan Revisi Penerimaan Siswa Jalur Prestasi

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Tabanan. Dua sekolah melakukan revisi jalur prestasi untuk penerimaan siswa di Tabanan sesuai Surat Edaran (SE) Nomor 3 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, awalnya jalur prestasi hanya 5 persen menjadi 15 persen.
 

Adapun dua sekolah di Tabanan yang terapkan revisi tersebut adalah SMPN 1 Tabanan dan SMPN 2 Tabanan. Pengumuman penerimaan siswa jalur prestasi di sekolah lanjutan pertama atau SMP diumumkan, Senin (24/6). 
 
SMPN 1 Tabanan menerapkan jalur prestasi dengan presentase 15 persen, kemudian jalur zonasi berubah menjadi 80 persen dan 5 persen dari Jalur perpindahan orang tua. Sedangkan di SMPN 2 Tabanan terapkan jalur prestasi 10 persen, jalur zonasi 85 persen dan perpindahan orang tua 5 persen. 
 
Hal yang menjadi dasar hanya dua sekolah SMP yang direvisi jalur prestasi tersebut karena pendaftar dari jalur prestasi melebihi kouta. Sedangkan di sekolah lain yang mendaftar lewat jalur prestasi tidak lebih dari 5 persen. 
 
Plt Dinas Pendidikan Tabanan I Wayan Miarsana mengatakan revisi di jalur prestasi hanya diterapkan di dua sekolah yakni SMPN 1 Tabanan dan SMPN 2 Tabanan. Ini karena hanya dua sekolah yang pendaftar dari jalur prestasi melebihi kuota 5 persen. 
 
"Sekolah yang lain tidak menerapkan karena pendaftar di jalur prestasi tidak melebihi dari 5 persen," ujarnya. 
 
Kemudian adanya perbedaan penerapan presentase dimana di SMPN 1 Tabanan diterapkan 15 persen dan di SMPN 2 Tabanan 10 persen, diakui Miarsana tidak menjadi permasalahan. Karena sesuai aturan pusat maksimal jalur prestasi diterapkan 15 persen. "Jadi tidak ada masalah, sudah sesuai dengan surat edaran," tegasnya. 
 

Sementara itu di SMPN 1 Tabanan dari jumlah pendaftar jalur prestasi sebanyak 58 orang, adanya revisi jalur prestasi dari 5 persen menjadi 15 persen total yang diterima sebanyak 53 persen dari daya tampung 352. "Adanya revisi jalur prestasi kami terima 53 siswa," ujar Kepala SMPN 1 Tabanan I Wayan Widarsa. 
 
Menurutnya jumlah yang lulus dari jalur prestasi sudah sesuai dengan aturan dan hasil verifikasi. Dan dihari yang sama juga telah diumumkan pendaftar dari perpindahan orang tua. Siswa yang lulus sebanyak 16 orang dari presentase 5 persen. 
 
Pantuan di lapangan skor tertinggi jalur prestasi yang diterima di SMPN 1 Tabanan sebesar 750 sementara dan skor terkecil 30. Pengumuman yang di tempel sekitar pukul 12.45 Wita pun diserbu siswa dan orang tua. Meskipun sebelumnya siswa dan orang tua sudah menunggu pengumuman dari pukul 10.00 Wita. (bbn/tab/rob)


Senin, 24 Juni 2019 | 20:00 WITA


TAGS: Penerimaan Siswa Didik Tabanan



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: