Sensus Penduduk 2020 Memungkinkan Masyarakat 'Update' Data Sendiri

Kamis, 11 Juli 2019 | 07:00 WITA

Sensus Penduduk 2020 Memungkinkan Masyarakat 'Update' Data Sendiri

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com.Jembrana. Badan Pusat Statistik bekerja sama dengan Pemkab Jembrana menggelar gladi resik sensus Penduduk untuk tahun 2020 (SP 2020), bertempat di Gedung Aula Jimbarwana, Selasa (9/7) sore.
 

Acara sosialisasi juga dilanjutkan di Kelurahan Sangkargung Kecamatan Jembrana yang dihadiri perwakilan masyarakat setempat.  Dari jajaran BPS Pusat hadir  Deputi Kepala Bidang Statistik Sosial BPS Margo Yuwono, Ketua Forum Masyarakat Statistik  Prof. Bustanul Arifin. 
 
Selain itu juga turut serta Kadis Kominfo Jembrana I Made Gede Budiartha, Kabid Statistika Ni Komang Ayu Hardyastuti. Peserta berasal dari pegawai dinas kominfo, BPS Kab Kota Se-Bali, Kecamatan Jembrana serta anggota forum masyarakat statistik. 
 
Sosialisasi ini digelar sebagai langkah awal pelaksanaan sensus penduduk tahun 2020, dengan metode baru yang memungkinkan masyarakat mengupdate sendiri data kependudukannya dalam upaya memperoleh data yang lebih akurat. Sensus penduduk tahun 2020 akan menggunakan metode digital dan akan dilakukan secara mandiri oleh warga, secara serentak di seluruh Indonesia.
 
Deputi Kepala Bidang Statistik Sosial BPS Pusat Margo Yuwono mengatakan pelaksanaan sensus penduduk tahun 2020 nanti tergolong bersejarah. Karena melalui metode itu lebih banyak mengajak dan membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya data. BPS akan bersama sama dengan masyarakat akan melengkapi data –data sensus penduduk, sehingga peran masyarakat lebih aktif dibanding sebelumnya.
 

“Selama ini ada kesan, bahwa data pribadi masyarakat itu tugasnya pemerintah untuk menjaga. Bahwa melalui metode ini kita mengajak dan menggugah kesadaran mereka dalam bentuk edukasi, dan cara–cara menyenangkan sehingga mereka bisa koperatif. Termasuk meyakinkan bahwa sesungguhnya  sensus penduduk itu sangat penting dan besar manfaatnya,“ ujar Yuwono.
 
Kesempatan itu, Ia juga mengucapkan terima kasihnya atas dukungan Pemkab Jembrana sehingga kegiatan gladi resik SP 2020 bisa terselenggara. ” Tentu dalam sosialisasi nanti kita berharap dukungan dan peran serta Pemkab Jembrana. Kita juga berharap melalui sosialisasi dan gladi resik ini, Jembrana jadi pintu kesuksesan bagi BPS , untuk menggelar sensus di daerah-daerah lainnya se-Indonesia,“ ujarnya. (bbn/jim/rob)


Kamis, 11 Juli 2019 | 07:00 WITA


TAGS: Sensus Penduduk Gladi Resik Jembrana



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: