Jelang Hari Raya Galungan, Harga Cabai Melesat Tembus Rp70 Ribu per Kilo

Jumat, 12 Juli 2019 | 06:00 WITA

Jelang Hari Raya Galungan, Harga Cabai Melesat  Tembus Rp70 Ribu per Kilo

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Karangasem. Entah karena mendekati hari raya Galungan yang jatuh pada tanggal 24 Juli 2019 mendatang atau karena memang terpengaruh cuaca, harga cabai di pasar tradisional Karangasem alami lonjakan yang cukup signifikan.
 

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari sejumlah pedagang yang berjualan di Pasar Timur Amlapura pada Kamis (11/7) pagi, hampir seluruhnya mengatakan harga cabai belakangan ini cukup melonjak. 
 
Untuk cabai biasa harga per kilonya mencapai Rp.65 ribu sampai Rp.70 ribu perkilonya. Lonjakan harga cabai diketahui mulai terjadi sekitar seminggu lalu dimana mulanya harga cabai dikisaran Rp.35 ribu sampai Rp.40 ribu per kilonya kemudian mulai merangkak naik dari harga Rp.50 ribu per kilonya hingga saat ini menjadi Rp. 65 ribu hingga Rp. 70 ribu per kilonya.
 
“Ya ada sekitar seminggu lalu harga cabai mulai alami kenaikan,” begitu kata Made Sukerti salah seorang pedagang bumbu masakan asal Karangasem yang sudah berjualan di pasar timur Amlapura sejak pertama kali beroperasi.
 

Menurut Sukerti, dengan kondisi harga yang tak menentu tersebut dirinya tidak terlalu berani untuk membeli cabai dengan jumlah yang banyak untuk dijual, terkadang dirinya membeli hanya hitungan kilo saja itupun dari pedagang lainnya bukan langsung dari pengepulnya.
 
Di satu sisi harga cabai terus melesat naik, harga bumbu masakan lainnya seperti bawang putih dan bawang merah sampai saat ini belum mengalami peningkatan harga, harga perkilonya saat ini masih relatif stabil dan belum ada peningkatan berarti.
 
“Bawah Putih masih tetap Rp.30 ribuan per kilonya dan Bawang Merah kisaran Rp. 25 ribu tergantung kualitasnya,” tandasnya. (bbn/igs/rob)


Jumat, 12 Juli 2019 | 06:00 WITA


TAGS: Harga Cabai Jelang Galungan Karangasem



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: