Musim Kemarau, Diskes Karangasem Imbau Warga Tingkatkan Perilaku Hidup Bersih Sehat

Jumat, 12 Juli 2019 | 13:45 WITA

Musim Kemarau, Diskes Karangasem Imbau Warga Tingkatkan Perilaku Hidup Bersih Sehat

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Karangasem. Memasuki musim kemarau, Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Karangasem mengimbau agar warga lebih menerapkan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan.
 
Pasalnya, ketika musim kemarau tiba penyebaran berbagai jenis penyakit seperti Ispa, Diare, Hepatitis A, Types dan penyakit lainnya sanagat rawan terjadi untuk itu penting agar terhindar dari penyakit warga dihimbau agar selalu menjaga kebersihan.
 
“Kami dari Dinas Kesehatan menghimbau agar senantiasa menjaga kesehatan seperti menggunakan alat pelindung pernafasan (masker) saat beraktifitas di luar rumah utuk mengantisipasi penularan penykit ISPA,” himbau Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem, dr. I Gusti Bagus Putra Pratama, Jumat (12/07/2019).
 

Selain itu, di musim kemarau juga mempengaruhi ketersediaan air bersih di beberapa wilayah Kabupaten Karangasem sehingga perlu untuk meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) terutama dalam pengolahan air bersih sebelum dikonsumsi agar terhindar dari penyakit-penyakit seperti diare, hepatitis A, types dan lain sebagainya yang dapat ditularkan melalui makanan/minuman yang tidak bersih atau tercemar.
 
“Agar terhindar dari penyakit tersebut, gunakan selalu air bersih, cuci tangan dengan sabun dan air bersih, gunakan jamban keluarga, konsumsi sayur dan buah setiap hari, lakukan aktifitas fisik setiap hari, tidak merokok di dalam ruangan, bersihkan jentik nyamuk seminggu sekali dan istirahat yang cukup,” jelas Putra Pratama. (bbn/igs/rob)


Jumat, 12 Juli 2019 | 13:45 WITA


TAGS: Kadiskes Karangasem Musim Kemarai Perilaku Hidup Sehat



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: