Ratusan Siswa SMP dan SD Duda Utara Panik Berlarian Menuju Lapangan

Senin, 15 Juli 2019 | 18:00 WITA

Ratusan Siswa SMP dan SD Duda Utara Panik Berlarian Menuju Lapangan

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Selat. Ratusan siswa baru SMP Negeri 3 Selat dan SD Negeri 1 Duda Utara yang berada di Dusun Geriana Kangin, Desa Duda Utara, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem pagi ini Senin (15/07/2019) terlihat panik dan berlarian menuju lapangan untuk menyelamatkan diri.
 

Kepanikan para siswa tersebut terjadi bukan karena ada hal yang bersifat darurat seperti erupsi Gunung Agung ataupun gempa bumi melainkan hanya sebuah simulasi penyelamata diri sebagai bagian dari kegiatan edukasi kebencanaan dan pelatihan evakuasi mandiri yang digelar oleh BPBD Kabupaten Karangasem di sekolah tersebut.
 
Dalam kegiatan tersebut, hadir sebagai narasumber dari Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Bali, Putu Suryawan Nadi yang memberikan materi tentang simulasi evakuasi mandiri. Adapun tujuan dilakukannya kegiatan dimaksud adalah untuk meningkatkan kesiapsiagaan siswa dalam menghadapi ancaman bencana gempa bumi.
 

“Dengan diberikannya pembekalan berupa materi dan simulasi, diharapkan sekolah nantinya bisa melaksanakan simulasi mandiri secara rutin untuk meningkatkan kapasitas siswa, staf dan dewan guru disekolah bersangkutan,” kata Ida Ketut Arimbawa ketika dikonfirmasi.
 
Sementara itu, selain simulasi juga dilakukan penyerahan brosur tentang bencana gempa bumi yang diterima lansung oleh pihak sekolah. Menurut salah seorang siswa, Ni Komang Ayu Citra Dewi salah seorang siswi kelas II SD N 1 Duda Utara mengaku sangat senang mendapat pemkelan mengenai kebencanaan, meski tak banyak yang ia mengerti.
 
“Ya tadi dikasih tau kalo ada gempa disuruh berlindung dikolong meja dan ada tanya jawab jika benar dikasih hadiah,” kata Komang Ayu. (bbn/igs/rob)


Senin, 15 Juli 2019 | 18:00 WITA


TAGS: Siwa Berlarian Edukasi Gempa Bumi Simulasi



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: