Sejarah Pura Kereban Langit Desa Sading

Senin, 22 Juli 2019 | 12:40 WITA

beritabali.com

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Pura Kereban Langit berlokasi di Br Pekandelan Desa Sading. Banyak orang yang datang dari luar daerah untuk Melukat. Terutama pada hari-hari suci.

.

Ada cerita menarik mengenai keberadaan Pura Kereban Langit di Sading ini yang menjadi rujukan sampai saat ini kenapa pura tersebut menjadi tempat untuk memohon anak atau keturunan. Cerita tersebut berawal dari ayahanda raja dari Sri maharaja Masula-Sri Masuli yang merupakan raja kembar yang pernah memerintah Bali. Sebelum Sri Maharaja dilahirkan, ayahanda beliau kebingungan karena belum dianugrahi keturunan.

.

Kemudian beliau memohon kepada Ida Bhatara Toh Langkir (Gunung Agung) agar permaisurinya bisa dikaruniai anak, dari permohonan beliau yang kusuk didapatkan petunjuk untuk mencari Tirtha Salaka. Kemudian diutuslah seorang brahmana untuk menemukan Tirtha Salaka tersebut. Dalam perjalanannya sang Brahmana sampai dan bertemu dengan seorang pertapa di dalam goa, lalu didapatkanlah petunjuk bahwa Tirtha Salaka tersebut ada di dalam goa tersebut yang sekarang bernama Pura Kereban Langit.

.

Oleh Sang Brahmana dihaturkanlah air suci tersebut kepada sang permaisuri, dan akhirnya beliau hamil dan melahirkan anak kembar buncing (laki-perempuan) dan bernama Sri Masula-Sri Masuli. Sehingga sampai saat ini Pura Kereban Langit di Sading diyakini warga sebagai tempat untuk memohon keturunan atau anak. (https://bit.ly/2HCOWoo)

- Video Music: Relaxation Songs with Bali Rindik https://www.youtube.com/watch?v=YJ8oh...


Senin, 22 Juli 2019 | 12:40 WITA


TAGS: #beritabalitv #beritabali #berita #bali #Pura #melukat #PuraKrebanLangit #DesaSading



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: