Dua Bukit Kawasan Wisata Lombok Utara Terbakar Lima Hektar

Senin, 19 Agustus 2019 | 17:45 WITA

Dua Bukit Kawasan Wisata Lombok Utara Terbakar Lima Hektar

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Lombok.  Dua bukit seluas lima hektar di kawasan wisata Lombok Utara terbakar, Minggu (18/8) di Dusun Nipah Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara.
 

Kejadian kebakaran ini adalah yang kedua kalinya. Sebelumnya terjadi kebakaran di tempat yang sama, Kamis (15/8) lalu. Belum diketahui penyebab kebakaran yang terjadi pukul 15.00 wita tersebut. Dugaan sementara dikarenakan suasana musim kemarau, angin kencang dan terdapat banyak pohon kering di lokasi. 
Lokasi kebakaran hutan yang terjadi di Dusun Nipah tidak jauh beda dengan lokasi kebakaran yang terjadi di Dusun Nipah pada Kamis lalu. Akan tetapi jarak kebakaran hutan yang terjadi saat ini cukup dekat dengan pemukiman warga. Tetapi sampai ini belum terjadi kepanikan dari warga sekitar.
 
 "Lokasi pertama berada di dusun Nipah desa Malaka Kecamatan Pemenang merupakan titik pertama terjadi kebakaran bukit. Namun sekitar pukul 16.00 WITA telah dapat dipadamkan oleh enam personel Polsek Pemenang," kata Kabid Humas Polda NTB, Kombespol Purnama SIK, Minggu (18/8) malam. 
 
 
Ikut memimpin langsung pemadaman kebakaran hutan Kapolda NTB Irjenpol Nana Sudjana, serta Gubernur NTB Doktor Zulkiflimansyah berada di lokasi. Bersama unsur Bupati KLU, unsur TNI dan Polri. Lanjut Purnama, delapan orang dari petugas pemadam kebakaran KLU, serta dibantu masyarakat memadamkan api dengan alat seadanya. 
 
Namun pada pukul 17.00 WITA setelah kembali dari lokasi pertama, terdapat lagi lokasi kebakaran yang keduanya berdekatan dengan jalan raya. Yaitu jalan raya yang digunakan dari Senggigi menuju KLU, atau sebaliknya atau tepatnya di tanjakan Dusun Nipah desa Malaka. Api dengan cepat menyala dan meluas hingga ke jalan raya, dengan perkiraan luas sekitar lima hektar. 
 

Namun cukup jauh dari pemukiman warga Dusun Pandanan Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, KLU. Empat unit mobil pemadam kebakaran datang melakukan pemadaman api. Satu pleton personel Polres KLU, enam orang personel Polsek Pemenang dan dibantu masyarakat setempat melakukan pemadaman. 
 
Namun karena angin berhembus begitu kencang, api sulit dipadamkan. "PLN sudah melakukan pemadaman listrik sementara di dusun Nipah dan dusun Pandanan. Dan dari personel kita juga melakukan himbauan ke pengguna jalan agar berhati-hati dan tidak membuang puntung rokok secara sembarangan," jelas Kabid Humas Purnama. (bbn/lom/rob)


Senin, 19 Agustus 2019 | 17:45 WITA


TAGS: Kebakaran Bukit Kawasan Wisata Lombok



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: