Tanamkan Kedisiplinan dan Jiwa Kebangsaan, PIB Libatkan TNI-AL

Rabu, 21 Agustus 2019 | 19:05 WITA

Tanamkan Kedisiplinan dan Jiwa Kebangsaan, PIB Libatkan TNI-AL

Foto: Politeknik Internasional Bali (PIB)

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Tabanan. Untuk menghasilkan mahasiswa yang kompeten dan sukses di bidang pariwisata, tentu tidak hanya diperlukan teori dan praktik saja namun juga harus diperkuat dari sisi kedisiplinan, sikap dan prilaku yang baik. Kampus Politeknik Internasional Bali (PIB) sejak 12 Agustus 2019 hinggal 20 Agustus 2019 telah menyelenggarakan kegiatan pendidikan kedisiplinan, sikap dan prilaku calon mahasiswa baru Angkatan ke-3.



Seperti pelaksaan pembekalan mahasiswa baru tahun sebelumnya, untuk tahun ini juga sepenuhnya melibatkan TNI-AL Bali. Pada hari Senin, 12 Agustus 2019 yang lalu telah dilakukan upacara pembukaan sekaligus serah terima calon mahasiswa baru dari PIB ke TNI-AL Bali yang akan mengasuh mereka selama sembilan hari tersebut.



Ketua Panitia Victor Bangun Mulia B.Sc., M.B.A. yang juga Kaprodi D4 Manajemen Perhotelan menyampaikan, berbagai macam kegiatan dilakukan untuk membentuk disiplin, sikap dan prilaku mahasiswa baru, mulai dari baris berbaris, senam, bela diri, menyanyi hingga beberapa workshop.



"Pada kegiatan tersebut TNI-AL Bali melatih calon mahasiswa baru PIB dengan Senam Gemu Famire, Peraturan Baris Berbaris (PBB), Bela Diri Taekwondo, Pengenalan alat selam hingga pengenalan selam dasar, Lagu-lagu Trisila, Mars Militer, Mars PIB dan Hymne PIB serta beberapa workshop diantaranya AIDS, etika, Pola Bintal Kejuangan dan Keprotokoleran," jelas Victor yang dalam 2 tahun telah berhasil membawa prodi D4 Manajemen Perhotelan meraih akreditasi B.



Lebih lanjut Victor menyampaikan bahwa kegiatan pendidikan kedisiplinan tersebut juga dirangkai dengan upacara bendera pada hari Sabtu, 17 Agustus 2019 untuk memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 tahun dan kemudian ditutup dengan berbagai demonstrasi.



"Pada akhir kegiatan ditampilkan demo PBB, Senam Gemu Famire, Taekwondo, Yel-yel, dan lagu mars PIB yang dilakukan oleh calon mahasiswa baru disaksikan oleh Komandan Pangkalan TNI–AL Bali beserta jajarannya dan Direktur PIB beserta jajarannya. Acara diakhiri dengan serah terima calon mahasiswa baru dari TNI-AL ke PIB," papar Victor yang ditemui Beritabali.com di kampus PIB di kawasan Pantai Nyanyi, Tabanan, Rabu (21/8).



Salah seorang mahasiswa baru PIB dari prodi D4 Pengelolaan Konvensi dan Peristiwa (PKP) yang berasal dari Papua, Juan Pierre Jr Mangge Waromi menyampaikan kebanggaannya karena telah memperoleh pendidikan terbaik dari pengasuh TNI-AL dan berharap kelak bisa sukses.



"Saya bangga bisa memperoleh pendidikan terbaik disini, semoga kelak bisa sukses dan berkontribusi bagi Papua," ujar Juan Pierre Jr.

Seperti tahun sebelumnya, mahasiswa baru PIB berasal dari latar belakang dan daerah yang berbeda, mulai dari pulau Sumatera hingga Papua.



Sementara itu Direktur PIB Prof. Dr. Ir. Sulistyawati, M.S., M.M., M.Mis., D.Th., Ph.D., D.Ag menyampaikan bahwa dewasa ini bangsa ini sedang dihadapkan pada situasi dan kondisi serta dinamika kehidupan yang menuntut setiap orang memiliki integritas, profesionalisme dan daya saing yang tinggi. Hal ini sejalan dengan visi PIB yaitu  Menjadi Perguruan Tinggi Vokasi yang berkualitas, berkarakter, dan terpercaya sehingga faktor kedisiplinan, sikap dan prilaku mahasiswa menjadi fokus PIB.



"Kami sangat serius dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, berkarakter dan terpercaya sehingga untuk mewujudkan hal tersebut kami bekerjasama dengan TNI-AL Bali untuk menggembleng mahasiswa baru," pungkas Prof. Suli. (bbn/gus/adv)


Rabu, 21 Agustus 2019 | 19:05 WITA


TAGS:



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: