KPFP Unud Kembangkan Model Pendidikan Pertanian Era Milenial

Minggu, 25 Agustus 2019 | 19:30 WITA

KPFP Unud Kembangkan Model Pendidikan Pertanian Era Milenial

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Kebun Percobaan Fakultas Pertanian, Universitas Udayana (KPFP-Unud)) mengembangkan model pendidikan pertanian era milenial melalui kegiatan little farmer.

Sebuah kegiatan pendidikan pertanian yang menyasar siswa sekolah dasar dengan tujuan memperkenalkan usaha pertanian sejak dini.

"Selain mengenal, anak-anak berkesempatan mencicipi produk pertanian, makna yg terkandung didalamnya adalah segala sesuatu yang dimakan adalah sebuah proses kerja pertanian. Tidak ada kata tidak menghargai pertanian," kata Ketua KPFP-Unud, Prof Ketut Budi Susrusa dalam keterangan di Denpasar pada Minggu (25/8).

Prof. Budi mengungkapkan sebagai sebuah lembaga pendidikan tinggi, Fakultas Pertanian, Unud melalui Kebun Percobaan Fakultas Pertanian sudah seharusnya tidak hanya meneliti maupun menulis diatas kertas tetapi seyogyanya bisa membangun jiwa pertanian kepada generasi penerus bangsa.

Pembentukan karakter untuk bisa cinta pertanian tidak bisa dilakukan serta merta tetapi harus bertahap sejak dini. 

Sebagai tahap awal, KPFP-Unud mengajak anak SD Cerdas Mandiri Denpasar belajar bertani dan mengenal serangga untuk memaknai sebuah arti pertanian.

"Semoga KPFP bisa menjadi pusat dan model cinta pertanian di sekolah-sekolah, sebagai muatan lokal atau kegiatan ekstrakurikuler" harap Prof Budi.

Langkah kecil seperti ini merupakan bentuk  aksi nyata dan bukan sekedar retorika dalam upaya menanamkan semangat menjaga pertanian di Bali khususnya.

Jika banyak sekolah yg menerapkan school garden maka minimal siswanya akan menghargai produk pertanian. [bbn/Mul]


Minggu, 25 Agustus 2019 | 19:30 WITA


TAGS: KPFP Unud Kembangkan Model Pendidikan Pertanian Era Milenial



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: