Pertumbuhan Ekonomi Bali Triwulan II Melambat

Selasa, 10 September 2019 | 23:50 WITA

Pertumbuhan Ekonomi Bali Triwulan II Melambat

bbn/ilustrasi

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Kinerja perekonomian Bali pada triwulan II 2019 masih tetap tumbuh kuat, meskipun melambat dibanding triwulan sebelumnya. 
 

Berdasarkan keterangan kajian Bank Indonesia, Perekonomian tumbuh sebesar 5,64% (yoy), lebih rendah dibanding triwulan sebelumnya yang tumbuh sebesar 5,96% (yoy) maupun triwulan yang sama tahun 2018 yang tumbuh sebesar 6,05% (yoy). 
 
Dari sisi permintaan, perlambatan bersumber dari melambatnya kinerja seluruh komponen pengeluaran yaitu komponen konsumsi rumah tangga, konsumsi pemerintah, investasi dan ekspor luar negeri. 
 
Hal yang sama terjadi pada sisi penawaran yaitu pada lapangan usaha akomodasi makan dan minum yang sebelumnya menjadi andalan perekonomian seiring banyaknya wisatawan mancanegara yang datang ke Bali, pada triwulan ini banyak menghadapi tantangan. 
 
Selain itu, perlambatan terjadi pada hampir semua lapangan usaha utama Bali kecuali pertanian. Beberapa faktor yang menjadi penahan kinerja ekonomi Bali meliputi: i) menurunnya kinerja bidang usaha pariwisata, ii) proyek konstruksi dan infrastruktur yang tidak semasif periode yang sama tahun sebelumnya, iii) sikap wait and see pelaku usaha menanti kebijakan presiden terpilih, iv) prakiraan semakin dalamnya perlambatan kinerja ekonomi negara mitra dagang utama Bali. (bbn/rls/rob)
 


Selasa, 10 September 2019 | 23:50 WITA


TAGS: Pertumbuhan Ekonomi Bali Melambat



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: