Ekonomi Bali Triwulan III Diprediksi Terakselerasi Naik 5,90%

Rabu, 11 September 2019 | 09:00 WITA

Ekonomi Bali Triwulan III Diprediksi Terakselerasi Naik 5,90%

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Dari berbagai prompt indikator yang ada dan hasil survei serta liaison yang telah dilakukan, kinerja perekonomian Provinsi Bali pada triwulan III 2019 diprakirakan akan tumbuh kuat, dengan kecenderungan meningkat (akselerasi). Perekonomian diprakirakan akan tumbuh dalam kisaran 5,90%-6,30% (yoy). 
 

Berdasarkan rilis kajian ekonomi Bank Indonesia, beberapa faktor yang menjadi pendorong akselerasi tersebut meliputi: i) pembayaran gaji ke 13 ASN dengan nilai yang lebih tinggi, ii) masuknya periode high season pariwisata, didukung oleh penambahan direct flight internasional dan domestik, iii) masuknya puncak panen komoditas perkebunan, dengan prakiraan produksi yang lebih tinggi, sejalan dengan kondisi yang cuaca mendukung. 
 
Selain itu, masuknya periode puncak pengiriman ekspor barang untuk memenuhi permintaan Natal dan Tahun Baru, v) meningkatnya persentase realisasi fisik dan keuangan pengerjaan proyek konstruksi dan infrastruktur, vi) masuknya periode tahun ajaran baru, vii)penurunan harga tiket pesawat low cost carrier (LCC) rute domestik sebesar 50% dari tarif batas atas (TBA) secara terbatas.
 
Dari sisi permintaan, prakiraan meningkatnya kinerja perekonomian di triwulan III 2019 terutama didorong oleh peningkatan pada semua komponen yang meliputi  konsumsi rumah tangga, ekspor luar negeri, konsumsi pemerintah dan investasi. Sementara itu, dari sisi penawaran meningkatnya kinerja ekonomi Provinsi Bali didorong oleh akselerasi kinerja pada lapangan usaha dengan pangsa yang dominan yaitu lapangan usaha akomodasi makan dan minum, transportasi, konstruksi, industri pengolahan serta perdagangan besar dan eceran. (bbn/rls/rob)


Rabu, 11 September 2019 | 09:00 WITA


TAGS: Ekonomi Bali Prediksi Triwulan III



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: