Kesehatan

9 Obat Alami Batuk Radang Tenggorokan, Tak Perlu Buru-Buru ke Dokter

 Kamis, 21 September 2023, 19:23 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/9 Obat Alami Batuk Radang Tenggorokan, Tak Perlu Buru-Buru ke Dokter

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Cuaca panas ekstrem ditambah polusi udara membuat banyak orang mengeluh sakit, termasuk batuk dan radang tenggorokan. Apa obat alami batuk dan radang tenggorokan?

Radang tenggorokan terjadi saat saluran napas mengalami inflamasi akibat infeksi virus atau bakteri.

Biasanya, radang tenggorokan menjadi salah satu gejala dari penyakit flu dan batuk. Ditandai dengan rasa sakit, kering dan gatal pada tenggorokan, pembengkakan kelenjar getah bening di area leher, serta suara serak. Rasa sakit semakin terasa saat menelan dan terpapar udara dingin.

Bila infeksi sudah mulai memburuk, sejumlah gejala flu dan batuk juga akan dialami, seperti demam, bersin, sakit kepala, pegal-pegal, batuk berdahak serta hidung berlendir.

Anda tak perlu buru-buru memeriksakan diri ke dokter. Batuk dan radang tenggorokan bisa diatasi di rumah dengan obat-obatan alami.

Melansir berbagai sumber, berikut ini 9 obat alami batuk dan radang tenggorokan yang bisa Anda coba di rumah.

1. Madu

Nama yang satu ini memang populer sebagai obat alami untuk menyembuhkan batuk dan radang tenggorokan. Melansir laman Siloam Hospitals, Madu memiliki sifat antioksidan, antimikroba, serta antiinflamasi yang diketahui dapat mengatasi radang tenggorokan secara efektif.

Anda dapat mengonsumsi madu secara langsung atau dengan mencampurkannya ke dalam teh serta minuman sehat lainnya.

2. Kumur air garam

Garam memiliki kekuatan untuk membunuh bakteri di mulut dan tenggorokan, termasuk memecah lendir yang pekat penyebab batuk.

Berkumur dengan secangkir air hangat yang diberi satu sendok teh garam dapat membantu mengobati radang tenggorokan. Lakukan sebanyak 2 kali setelah sikat gigi pagi dan sebelum tidur malam.

3. Minum air hangat

Cobalah minum teh hangat saat Anda sakit tenggorokan. Sensasi hangat yang diberikan akan memberikan sedikit kelegaan pada tenggorokan.

"Cairan membantu membersihkan selaput lendir, menjaga aliran dan mencegah infeksi sinus," ujar dokter Daniel Allan, mengutip laman Cleveland Clinic.

Suhu hangat sendiri, lanjut Allan, dapat mengurangi batuk dan menenangkan bagian belakang tenggorokan.

4. Teh chamomile

Teh chamomile telah lama digunakan untuk tujuan pengobatan, termasuk di antaranya dalam meredakan sakit tenggorokan. Manfaat ini didapat berkat senyawa anti-inflamasi, antioksidan, dan astringen yang ada di dalamnya.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Kesehatan Lainnya :


Berita Lainnya :


Trending