News

Berjemur Seharian, Cuma Dapat Rp 5.000

 Sabtu, 12 November 2016, 03:03 WITA

Beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Klungkung. 

Jika Anda datang ke Pantai Kusamba, Kabupaten Klungkung, Bali, Anda akan melihat aktivitas puluhan pencari batu sikat yang berjemur di atas hamparan pasir hitam di pinggir pantai. Meski seharian berjemur, penghasilan para pencari batu sikat ini tidak sepadan dengan mahalnya harga batu sikat di pasaran. 

Dadong (nenek) Nur merupakan salah satu pencari batu sikat yang rela berjemur di Pantai Kusamba bersama puluhan pencari batu sikat lainnya.Setiap harinya, wanita tua ini mengaku sudah berjemur mulai pagi hingga sore hari. Di bawah terik matahari, wanita yang berumur sekitar 80-an tahun ini dengan sabar mencari batu sikat yang ada di sepanjang Pantai Kusamba.

Satu persatu butiran batu sikat berwarna hitam mengkilap dikumpulkan Dadong Nur dengan tangan tuanya dan dikumpulkan di dalam wadah dari anyaman bambu.

Meski rela berjemur seharian di bawah terik sinar matahari, penghasilan yang diperoleh Dadong Nur amatlah kecil.“Batu sikat ini saya jual seharga Rp. 5.000 kepada pengepul. Kalau lagi untung, kadang-kadang bisa dapat Rp 11.000 per hari dengan menjual satu wadah kerontong (kaleng) penuh batu sikat,” kata wanita yang mengaku sudah berusia remaja saat masa penjajahan Jepang ini.

 


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





News Lainnya :


Berita Lainnya :


Hasil Polling Calon Bupati Klungkung 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending