Kesehatan

Enam Jenis Olahraga Yang Bisa Turunkan Berat Badan Lebih Cepat

 Rabu, 07 Juni 2023, 03:33 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Enam Jenis Olahraga Yang Bisa Turunkan Berat Badan Lebih Cepat

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Tak semua orang konsisten pergi ke tempat gym untuk berolahraga. Namun, saat ingin menurunkan berat badan, tentunya penting untuk lebih aktif bergerak demi membakar lemak di dalam tubuh.

Berikut ini berbagai jenis olahraga yang bisa membakar banyak kalori dan menurunkan berat badan lebih cepat.

Sebagian besar dokter dan instruktur olahraga umumnya menyarankan orang dewasa untuk lari, jogging, atau berjalan jauh untuk mulai menghilangkan lemak.

Meskipun lari dan jalan kaki sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan mendukung kesehatan tubuh dalam jangka panjang, keduanya tak masuk dalam kategori olahraga yang cepat menurunkan berat badan.

"Tujuannya adalah menemukan aktivitas yang Anda sukai dan melakukannya secara konsisten," jelas Amy Goodson, ahli diet dan penulis The Sports Nutrition Playbook dikutip dari Eat This Not That!

"Jika penurunan berat badan adalah tujuan Anda, lakukan lebih banyak (olahraga) dan pantau nutrisi sehingga Anda secara sehat membuat defisit kalori sambil tetap mengisi tubuh Anda dengan makanan kaya nutrisi."

Melansir berbagai sumber, berikut ini 6 jenis olahraga yang telah terbukti secara ilmiah membakar kalori paling banyak dan membantu Anda menurunkan berat badan dengan cepat.

1. Renang

Renang merupakan olahraga individu yang membuat seluruh tubuh bekerja. Berenang merupakan kardio intensitas rendah yang dapat membantu membakar kalori dan membentuk otot tanpa lemak.

Penelitian bahkan mendukung manfaat renang untuk penurunan berat badannya.

Gerakan renang seperti gaya kupu-kupu, gaya dada, bahkan gaya bebas dapat mempercepat pembakaran kalori. Menurut WorldHealth, hanya dalam 30 menit latihan, Anda dapat membakar 367 hingga 404 kalori dengan berenang dalam beberapa gerakan.

Aktivitas fisik ini membuat tubuh bergerak melawan resistensi, yang membantu Anda membakar lemak tubuh dan membentuk otot. "Otot lebih aktif secara metabolik daripada lemak, artinya ia membakar lebih banyak kalori saat istirahat," kata Goodson.

2. Zumba

Jika Anda senang olahraga yang dilakukan berkelompok, zumba bisa jadi salah pilihan untuk menurunkan berat badan.

Zumba adalah jenis olahraga aerobik intensitas tinggi yang melibatkan gerakan rumit, bahkan bagi mereka yang menyukai jenis olahraga tari.

Penelitian menunjukkan bahwa zumba dapat secara signifikan memengaruhi perjalanan penurunan berat badan dengan mengurangi lemak tubuh secara keseluruhan. Melakukan zumba selama satu jam dapat membakar rata-rata 500 hingga 800 kalori.

Ada beberapa faktor yang berperan dalam seberapa banyak kalori bisa terbakar, seperti usia, genetika, dan intensitas olahraga. Namun, jika Anda konsisten bergerak saat zumba, Anda bisa mendapatkan peluang menurunkan berat badan lebih cepat.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Trending