News

Filipina Tuding Tiongkok Pasang Penghalang Terapung di Wilayah LCS

 Senin, 25 September 2023, 21:22 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Filipina Tuding Tiongkok Pasang Penghalang Terapung di Wilayah LCS

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Filipina mengecam pemasangan penghalang di wilayah sengketa Laut China Selatan yang diduga dilakukan oleh penjaga pantai Tiongkok.

Penghalang berbentuk bola-bola terapung itu menyebabkan kapal-kapal Filipina terhalang memasuki wilayah tersebut untuk menangkap ikan.

Dalam sebuah pernyataan pada platform media sosial X, juru bicara penjaga pantai Filipina Jay Tarriela mengatakan penghalang terapung itu ditemukan oleh kapal-kapal Filipina selama patroli maritim rutin pada Jumat (22/9). Ia mengatakan penghalang ini berukuran sekitar 300 meter (984 kaki).

"Penjaga pantai Filipina dan Biro Perikanan dan Sumber Daya Perairan mengecam keras pemasangan penghalang terapung yang dilakukan oleh penjaga pantai Tiongkok di bagian Tenggara Bajo de Masinloc, yang mencegah kapal nelayan Filipina memasuki perairan dangkal dan menghalangi aktivitas penangkapan ikan dan mata pencaharian mereka," kata Tarriela dikutip dari CNN, Minggu (24/9).

Tarriela juga membagikan foto-foto yang diduga sebagai penghalang terapung. Ia mengklaim tiga kapal penjaga pantai China dan sebuah kapal dinas milisi maritim Tiongkok memasang penghalang terapung itu setelah kedatangan kapal Filipina di daerah tersebut.

Selain itu penjaga pantai Filipina membagikan rekaman yang menunjukkan petak-petak karang rusak dan memutih. Sehingga mereka mendorong para pejabat untuk menetapkan Tiongkok telah melakukan perusakan besar-besaran di sana.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





News Lainnya :


Berita Lainnya :


Trending