News

Korut Desak AS-Korsel Setop Latihan Militer: Bisa Sulut Perang Nuklir

 Selasa, 05 Maret 2024, 22:49 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Korut Desak AS-Korsel Setop Latihan Militer: Bisa Sulut Perang Nuklir

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Korea Utara mengancam Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS) perang nuklir bisa pecah jika kedua negara tak menghentikan latihan militer gabungan mereka.

Kepada kantor berita pemerintah, KCNA, pada Selasa (5/3), juru bicara Kementerian Pertahanan Korea Utara sekali lagi mengecam simulasi militer AS-Korsel yang dianggap "tindakan sembrono dan panik". Selama ini, Korut menganggap simulasi semacam itu sebagai "agenda perang" melawan Pyongyang, bukan latihan.

Selain perang nuklir, jubir Kemhan Korut tersebut bahkan menuturkan latihan militer semacam itu juga dapat memicu negaranya melancarkan invasi ke Korsel.

"Perang nuklir dapat tersulut bahkan hanya dengan percikan api," ujar jubir tersebut

"AS dan Korsel harus 'membayar harga yang mahal' atas pilihan mereka," tambahnya seperti dikutip Reuters.

Korsel dan AS memang tengah memulai latihan musim semi tahunan sejak Senin (4/3) hingga 14 Maret mendatang. Kedua negara bahkan mengerahkan jumlah pasukan dua kali lipat dari latihan Freedom Shield di tahun-tahun sebelumnya.

Latihan militer gabungan AS-Korsel ini berlangsung ketika eskalasi dengan Korut meningkat. Di awal tahun baru, Pemimpin Tertinggi Kim Jong Un bahkan blak-blakan meminta pasukan Korut bersiap untuk perang.

Dalam beberapa tahun terakhir, Korut juga makin rajin menguji coba teknologi rudal dan senjata strategis lain.(sumber: cnnindonesia.com)

Penulis : bbn/net

Editor : Juniar



Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





News Lainnya :


Berita Lainnya :


Trending