News

Luas Bali Berkurang 50 KM Persegi karena Abrasi, Koster Bantah Pemicunya Pembangunan Hotel

 Jumat, 30 Juni 2023, 00:00 WITA

bbn/dok beritabali/Luas Bali Berkurang 50 KM Persegi karena Abrasi, Koster Bantah Pemicunya Pembangunan Hotel.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Denpasar. 

Gubernur Bali I Wayan Koster mengatakan luas Bali menyusut 50 kilometer persegi akibat gejala alam dan dampak abrasi pantai.

Hal ini disebutkannya saat merespons soal pandangan umum terhadap fraksi pada Raperda tentang haluan pembangunan Bali masa depan, 100 tahun Bali Era Baru 2025-2125.

"Saya perlu menyampaikan, lima tahun lalu luas Provinsi Bali masih 5.646 kilometer persegi. Jadi kira-kira mengalami penurunan sekitar 50 kilometer persegi. Ini akibat abrasi pantai, bencana alam, serta berbagai gejala alam lainnya," ujarnya dalam sidang paripurna ke-23 di Kantor DPRD, Provinsi Bali, Rabu (28/6).

Luas Bali saat ini sekitar 5.590,15 kilometer persegi yang terdiri dari 9 kabupaten dan kota, 57 kecamatan, 716 desa [dan] kelurahan dan 1.493 desa adat.

Penyusutan, kata dia, terutama akibat abrasi pantai. Dia pun meminta dukungan Kementerian PUPR untuk menyediakan penghalang atau penyangga.

"Jadi harus ada penyangga. Sekarang kan sudah mulai berjalan tapi sedikit. Luasan pantai kita yang baru kita tangani dengan penyangga itu sedikit. Ini harus diperbanyak, terutama di Bali selatan itu cepat sekali abrasinya," katanya.

Koster membantah soal pembangunan hotel dan bangunan lain memicu abrasi lebih parah pada pantai-pantai.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





News Lainnya :


Berita Lainnya :


Hasil Polling Calon Walikota Denpasar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending