News

Menilik Keunikan Kucing Busok, Jenis Kucing Asli Indonesia

 Selasa, 01 November 2022, 10:08 WITA

bbn/Kompas.com/Menilik Keunikan Kucing Busok, Jenis Kucing Asli Indonesia

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Kucing busok merupakan salah satu satwa endemik yang hanya ada di Madura Jawa Timur khususnya di Pulau Raas. Pulau Raas merupakan sebuah pulau seluas 39 kilometer persegi yang dapat ditempuh selama enam jam perjalanan laut dari Sumenep Jawa Timur.

Jika dari Pelabuhan Jangkar Situbondo, kita dapat menumpang kapal feri KM Dharma Kartika berkapasitas 350 orang yang berlayar beberapa kali dalam sepekan dengan tujuan Raas serta Sapudi.

Secara morfologi, bentuk wajah dan postur kucing raas/Busok tersebut mirip hewan leopard dan kucing hutan lebih besar dari kucing kampung.

Bentuk mukanya agak persegi di bagian atas dan agak lancip di bagian dagunya. Hidungnya berukuran sedang dan sedikit melengkung ke bawah di atas kulit hidung, mirip seperti hidung singa. 

Bentuk telinganya tajam dan agak mencuat ke atas. Warna bulunya abu-abu kebiruan polos dan oleh masyarakat setempat dinamai sebagai kucing busok.  Para pecinta kucing nasional mengenalnya sebagai kucing raas atau kucing madura. Warna bulunya yang halus dan mengilat seperti perak di ujung bulu.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami








News Lainnya :


Berita Lainnya :


Trending