Seksologi

Dr. Oka Negara, MBiomed, FIAS

Bersepeda dan Dampaknya Terhadap Kesuburan

 Rabu, 06 Maret 2024, 15:33 WITA

beritabali.com/ist/Bersepeda dan Dampaknya Terhadap Kesuburan

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Denpasar. 

Seorang laki-laki tiga puluh tahun datang ke tempat praktek untuk menanyakan apa benar bersepeda akan membawa dampak buruk terhadap kesuburan. Dia khawatir, karena teman-temannya mulai mengajaknya untuk masuk kelompok bersepeda.

Sebenarnya olahraga yang tepat dan teratur akan sangat baik buat memaksimalkan kesuburan. Ibaratnya olahraga juga ada jenis dan dosisnya. Jadi, buat kesuburan akan baik sekali melakukan olahraga, yang sifatnya membuat tetap sehat dan dilakukan secara teratur. Bukannya yang overtraining atau berlebihan. 

Targetnya adalah menjaga kebugaran tubuh sehingga kualitas hidup tetap baik dan mempertahankan level hormon testosteron sebagai hormon seks dan kesuburan pada pihak laki-laki.

Apakah bersepeda dapat membuat rusaknya kesuburan seorang laki-laki? 

Itu tentu tergantung. Justru jika dilakukan dengan benar, bersepeda malah membuat bugar dan bisa mempertahankan hormon testosteron. Yang perlu dihindari adalah jangan terlalu melelahkan dan tidak selalu menggunakan bahan pakaian yang terlampau ketat. Kenapa? Karena jika terlalu melelahkan akan sebaliknya membawa penurunan stamina tubuh yang mempengaruhi level hormon testosteron. 

Jika terus menerus overtraining, level testosteron akan menurun lebih cepat dari semestinya. Ini akan menurunkan level kesuburan karena testosteron juga berfungsi penting dalam kesuburan.


Halaman :





Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Walikota Denpasar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending