Wisata

Beritabali.com, Tabanan

Ratusan Petani Ikut Ritual Ngaben Tikus

 Kamis, 17 November 2016, 01:32 WITA

Beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Tabanan. 

Ngaben atau upacara bakar jenazah di Bali selama ini dilakukan terhadap orang yang telah meninggal. Namun warga Desa Adat Bedha di Kabupaten Tabanan Bali memiliki tradisi unik, yakni ritual ngaben khusus untuk tikus.

Upacara ngaben khusus tikus yang digelar Selasa (19/10) ini dimulai dari areal Pura Puseh Desa Adat Bedha. Di areal pura ini, ribuan hama tikus yang mati 'diringkes' atau dibungkus dengan kain warna putih dan anyaman bambu.


Ribuan 'sawa' tikus yang telah dibungkus ini kemudian dinaikkan ke dalam 'bade' atau tempat jenazah bertingkat, yang biasa digunakan pada upacara ngaben pada umumnya. Semua 'sawa' atau tikus yang mati disusun rapi di dalam 'bade' tersebut.

Dengan diiringi gambelan dan kidung, 'bade' berisi ribuan tikus mati ini kemudian diarak ke Pantai Yeh Gangga, sekitar 5 kilometer dari Pura Puseh Desa Adat Bedha. Selain mengarak 'bade' bertingkat, ratusan warga yang berprofesi sebagai petani ini juga mengarak wadah untuk membakar tikus yang berbentuk macan.



Setelah berjalan kaki selama hampir satu jam, arak-arakan warga akhirnya tiba di lokasi ngaben tikus di Pantai Yeh Gangga Tabanan. Ribuan 'sawa' tikus kemudian dipindah ke wadah berbentuk macan untuk selanjutnya dibakar.

“Selama mengunjungi Indonesia, baru kali ini saya melihat upacara ngaben tikus seperti ini. Ini tidak ada di belahan dunia manapun,” kata Lawrence Blair, seorang turis asal Inggris.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Tabanan 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending