Wisata

Sudah Layani 7 Juta Penumpang, Personel Bandara Ngurah Rai Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat

 Rabu, 29 Mei 2024, 11:55 WITA

beritabali/ist/Sudah Layani 7 Juta Penumpang, Personel Bandara Ngurah Rai Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Badung. 

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai bersama dengan seluruh komunitas bandara akan menggelar Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) pada Kamis (30/5/2024). Latihan akan dilaksanakan terpusat pada Sisi Selatan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

“Seperti yang kita ketahui Pulau Bali merupakan salah satu destinasi pariwisata kelas dunia. Sebagai gambaran umum, hingga bulan April 2024 kami melayani sebanyak 7.123.666 penumpang dan 44.709 pergerakan pesawat secara keseluruhan. Maka dari itu, perlu kami pastikan seluruh personel yang bertugas di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai senantiasa siap untuk menghadapi keadaan darurat di bandara yang dapat terjadi sewaktu-waktu,” jelas, General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan, Rabu (29/5/2024).

Kegiatan Latihan PKD dilaksanakan dalam rangka memastikan implementasi Dokumen Airport Emergency Plan (AEP) dan Dokumen Airport Security Program (ASP) berjalan baik pada penanggulangan Keadaan Darurat Penerbangan di Bandar Udara melalui fungsi komando, koordinasi dan komunikasi antar Airport Emergency Committee (AEC) & Airport Security Committee (ASC). 

Dalam rangkaian latihan PKD kali ini, Bandara I Gusti Ngurah Rai menggelar tiga latihan kedaruratan yakni latihan penanganan kecelakaan pesawat udara (Aircraft Accident Exercise), penanganan ancaman keamanan (Security Exercise), dan penanganan kebakaran (Domestic Fire Exercise). 

“Latihan PKD yang kami lakukan telah dirancang sedemikian rupa sehingga mendekati kondisi keadaan darurat yang sesungguhnya. Dengan demikian, kami dapat menguji kesiagaan personel bandara serta prosedur yang berlaku demi memastikan keamanan dan keselamatan operasional penerbangan,” katanya.

Handy melanjutkan, Dikarenakan latihan PKD akan dilaksanakan seperti keadaan yang sesungguhnya, dihimbau kepada seluruh pengguna jasa berada di Bandara I Gusti Ngurah Rai pada saat pelaksanaan latihan PKD untuk tidak panik dan tetap tenang selama kegiatan berlangsung. Dapat kami pastikan.

"Kegiatan latihan PKD ini tidak mengganggu operasional dan penerbangan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai tetap berjalan dengan normal,” cetusnya.

Dirinya menambahkan, Dalam latihan PKD ini, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai melibatkan instansi terkait termasuk dalam Komite Kedaruratan Bandara seperti, Kantor Otoritas Bandara Wilayah IV, Pangkalan TNI AU I Gusti Ngurah Rai, Kepolisian Daerah Provinsi Bali,  Polres Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Perum LPPNPI (AirNav) Cabang Denpasar, Pihak Maskapai, Ground Handling, dan Rumah Sakit yang berada di sekitar kawasan bandara.

Penulis : bbn/aga

Editor : Robby



Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Badung 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending