search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Men-PAN Puji E-Sewaka Denpasar
Rabu, 14 November 2007, 13:27 WITA Follow
image

Beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (Men-PAN) Taufik Effendi memuji layanan publik Pemkot Denpasar yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

 

Pujian tersebut disampaikan Men-PAN Taufik Effendi saat menyaksikan tampilan interaktif stand Pemkot Denpasar dalam Pameran Best Practice di Forum Regional Reinventing Government Asia yang berlangsung 14 – 16 Nopember di Hotel Borobudur Jakarta.


Kunjungan Men-PAN ke stand Pemkot didampingi Direktur United Nation Governance Centre (UNGC) Myungsoo Cho beserta rombongan disambut Wakil Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra, SE M.Si dan jajaran. Layanan publik Pemkot Denpasar ini disebut e-sewaka, yang artinya melayani dengan hati adalah sebuah kewajiban.


Usai mendengarkan pemaparan Kepala Kantor Pengolahan Data Elektronik dan Komputer (KPDEKom) Kota Denpasar, Drs Nick Natha Wibawa, Men-PAN Taufik Effendi dengan bangga menunjukkan inovasi Pemkot tersebut kepada Mr Myungsoo.
Ini contoh pelaksanaan good governance dan good government yang dilakukan pemerintah daerah Indonesia yang sudah bagus dan berjalan baik, ujar Men-PAN bangga. Selain memuji, Men-PAN dan Myungsoo tertarik makna filosofi e-sewaka yang berasal dari bahasa sanskerta. Wawali Rai D Mantra dalam kesempatan tersebut menjelaskan filosofi e-sewaka yang berarti melayani sebagai sebuah kewajiban. “Melayani dengan hati adalah sebuah kewajiban yang patut dilaksanakan aparat pemerintah,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut Wawali Rai D Mantra mengundang Men-PAN dan jajaran UNGC berkunjung ke Denpasar Bali dan menyaksikan pelayanan publik Pemkot Denpasar. “Kami telah menetapkan komitmen menuju good governance dan good government,” tegas Wawali Rai D Mantra.
Salah satu inovasi meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Wawali Rai D Mantra menjelaskan bahwa penerapan aplikasi TIK dalam berbagai bidang kehidupan menjamin transparansi dan akuntabilitas pemerintah. Sebab TIK tidak dapat dibohongi dan semua orang bisa mengaksesnya, jelas Wawali Rai D Mantra.
Pemkot Denpasar mendapat kehormatan menjadi peserta pameran Forum Regional Reinventing Government Asia bersama 8 daerah lainnya, yaitu Prov Sumatera Utara, Prov Gorontalo, Prov Kalimantan Selatan, Kota Dumai, Kota Makassar, Kota Pekanbaru, Kab. Kutai Timur dan Kab. Tanah Bumbu.


Daerah-daerah ini dinilai Kementerian PAN sudah melakukan berbagai upaya dan inovasi dalam mewujudkan good governance dan good government.
Forum regional garapan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) bekerjasama dengan Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara (MenPAN) ini dihadiri 22 negara Asia. Forum regional ini merupakan program PBB untuk mendorong penerapan kepemerintahan yang baik, good governance dan good government. 

Reporter: bbn/ctg



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami