search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Jembrana Produksi Air Minum dari Air Laut
Minggu, 27 April 2008, 14:23 WITA Follow
image

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, JEMBRANA.

Pemerintah Kabupaten Jembrana, saat ini sudah resmi memroduksi secara komersial air siap minum yang berbahan baku air laut. Produksinya yang dikemas dalam beberapa jenis seperti galon, botol dan gelas, sudah mencapai 5000 liter per harinya dan sudah menembus pasar di kawasan wisata Kuta, Nusa Dua, dan sekitarnya.

Menurut Manajer Unit Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Perusahaan daerah Jembrana, Ketut Satwika, air minum kemasan yang diberi nama ‘Megumi’ ini sangat direspon masyarakat karena harganya relatif lebih murah dibandingkan produksi air kemasan sejenis. Dari segi kualitas, air ini sudah berstandar internasional lewat tes uji dari Lembaga Sertifikasi Produk Perindustrian dan Perdagangan Jakarta pada 2003.

“Produksi air kemasan yang menggunakan air laut ini baru satu-satunya di Indonesia, dan tercatat yang ketiga di dunia setelah Jepang dan Korea,” ujar Satwika. Investasi total perusahaan yang dikelola perusahaan daerah Jembrana ini mencapai Rp 8,3 miliar termasuk nilai mesinnya Rp 5,6 miliar, dengan mempekerjakan 28 orang tenaga kerja. Dalam pengembangannya, kata Satwika, masih menghadapi kendala transportasi yang biayanya cukup tinggi.

Ke depan akan dikembangkan pipanisasi sampai ke rumah-rumah penduduk. Untuk saat ini sambungan pipa sudah sampai ke kantor bupatiJembrana, dan di ruang pelayanan umum sudah dipasang kran bertuliskan ‘air minum megumi’, yang sudah langsung siap minum.

Reporter: bbn/sin



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami