search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pancasila Sebagai Ideologi Alternatif Dunia
Jumat, 10 Juni 2011, 18:36 WITA Follow
image

Beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Pancasila kini diusulkan untuk menjadi salah satu ideologi alternatif di dunia dalam pelaksanaan kegiatan Bali World Culture Forum (Bali-WCF) atau Forum Kebudayaan Dunia di Bali.

Usulan ini menurut rencana akan menjadi salah satu poin utama dari Deklarasi Bali yang akan menjadi hasil akhir dari pelaksaan World Culture Forum yang akan digelar mulai 11 hingga 15 Juni mendatang.

Ketua I Bali WCF Anak Agung Oka Wisnumurti pada keterangannya di Sanur, Jumat (10/6) menyatakan Pancasila secara universal telah dapat diterima di dunia. Selain itu nilai-nilai Pancasila dapat dijadikan pedoman yang cukup relevan dalam mengantisipasi benturan peradaban dan kebudayaan di dunia.

Dunia saat ini terkotak-kotak menjadi 3 idiologi besar, ada kapitalisme, komunisme dan sosialisme, dan ketiga idiologi itu sesungguhnya bukan juga menjadi idiologi bangsa kita. Kita punya idiologi sendiri Pancasila. Yang notabene secara substantive nilai-nilai universalnya itu mencerminkan kebaikan dari 3 idiologi itu. Jika idiologi satu dengan yang lain mengalami benturan , maka tidak tertutup kemungkinan Pancasila kita angkat menjadi idiologi alternative dunia,  papar Anak Agung Oka Wisnumurti.

Oka Wisnumurti menegaskan yang terpenting saat ini adalah bagaimana mengaplikasikan dan memaknai nilai-nilai sila Pancasila oleh rakyat Indonesia dan pemimpin Negara.

 



Sementara itu menurut rencana Bali World Culture Forum akan diikuti oleh 11 negara seperti Italia, Belanda, Perancis , Kanada, Amerika dan Jepang.

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami