search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Ribuan Pemedek, Hadiri Upacara Ngusaba Danu
Sabtu, 6 Desember 2014, 19:27 WITA Follow
image

beritabalicom

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, TABANAN.

Ribuan pemedek dari berbagai kalangan seperti krama subak, warga Tabanan, Buleleng, Badung dan Bangli, menghadiri prosesi puncak karya ngusaba danu yang dipusatkan di Ulun Danu, Beratan, Bedugul, Tabanan, Sabtu (6/12/2014). 

Puncak karya yang dimulai sekitar pukul 08.00 wita dipuput oleh  Ida Pedanda Gria Aan, Ida Pedanda Baturiti, Ida Pedanda Buda Jelantik Duaja, Ida Pedanda Gria Peling Ubud dan Ida Pedanda Santrian Ubud. 

Puncak karya ditandai dengan tawur labuh gentuh pakelem (menenggelamkan) di danau berupa kerbau, kambing, babi, ayam dan bebek.

Ngusaba danu di Pura Ulun Danu Beratan, diawali dengan mendak  ( menjemput) Tiga Ida Bhatari Danu yakni Ida Bhatari Danu Buyan, Ida Bhatari Danu Tamblingan dan Ida Bhatari Danu Batur. Prosesi mendak tiga Ida Bhatari Danu di Bali tersebut digelar, Jumat (5/12/2014).

Ketua panitia Karya I Made Kasa menjelaskan  prosesi upacara mendak Ida Bhatara Danu dipuput oleh Ida Pedanda Baturiti, Jero Mangku Ulun Danu Batur, Ida Pedanda Istri Buduk, Jero Balian Tiga Sakti, dan Ida Pedanda Kembang Merta. Pada puncak karya ngusaba danu  dilaksanakan tawur labuh gentuh pakelem  di danau berupa kerbau, kambing, babi, ayam dan bebek.

Ditegaskanya, tujuan dari Karya Ngusaba Danu adalah sebuah prosesi upacara penyucian empat danau  yang ada di seluruh Bali dipusatkan di Ulun Danu Beratan, Bedugul. Keempat danu tersebut adalah Ulun Danu Beratan, Danu Tamblingan, Danu Buyan dan Danu Batur. 

Reporter: bbn/nod



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami