search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Manca Agung Trah Ida Dhalem Shri Aji Tegal Besung Resmikan Sekretariat Pusat di Ubud
Sabtu, 17 Februari 2018, 20:20 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Beritabali.com.Gianyar, Dengan semangat menjaga spirit kejayaaan Bali, Manca Agung Trah Ida Dhalem Shri Aji Tegal Besung telah meresmikan sekretariat pusat yang berada di jalan raya Mambal, Ubud, pada Sabtu (17/2). 
 
Dihadiri pengurus harian perwakilan kabupaten kota se-Bali, Sekretariat Pusat yang bertempat 100 meter di sebelah tiumur pasar Mambal itu diresmikan oleh Pengageng-Ageng Manca Agung Trah Ida Dhalem Shri Aji Tegal Besung pada Saniscara Pon Ugu, Sabtu (17/2) hari ini. 
 
[pilihan-redaksi]
Dari rilis yang diterima redaksi beritabali.com, Manca Agung Trah Ida Dhalem Shri Aji Tegal Besung yang memiliki visi Satya Nangun Swabhawaning Rna ini mendirikan Sekretariat Pusat sebagai tempat koordinasi seluruh kegiatan pasemetononan Manca Agung. Disamping itu, juga sebagai tempat memberikan informasi masing-masing lelintihan terkait informasi seputar tempat suci peninggalan leluhur yang harus dijaga dan dilestarikan.  
 
Sedangkan Manca Agung Trah Ida Dhalem Shri Aji Tegal Besung resmi berdiri pada tgl 19 januari 2018, disahkan oleh sidang Mahasabha I di Pura Dalem Samprangan, kabupaten Gianyar, Bali.
 
[pilihan-redaksi2]
Sekilas sejarah asal muasal Manca Agung merupakan 5 orang bersaudara putra Ida Dhalem Shri Aji Tegal Besung. Manca artinya 5 (lima), Agung artinya besar atau utama. Jadi Manca Agung mempunyai pengertian 5 yang utama, tiada lain adalah 5 orang putra Ida Dhalem Shri Aji Tegal Besung. Kelima orang putra Ida Dhalem Shri Aji Tegal Besung yaitu Ida I Dewa Gedong Artha, Ida I Dewa Nusa, Ida I Dewa Pagedangan, Ida I Dewa Anggungan dan Ida I Dewa Bangli adalah Dewan Raja pada jaman Ida Dhalem Waturenggong. 
 
Manca Agung juga adalah sepupu dari Ida Dhalem Waturenggong. Masa keemasan Bali tercapai pada jaman itu, seperti kebudayaan, kesusastraan, berbagai tarian, serta kesejahteraan mencapai masa jaya pada jaman Ida Dhalem Waturenggong dengan Manca Agung selaku Dewan Raja.(bbn/rls/rob)

Reporter: bbn/rls



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami