search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Diskes Denpasar Siapkan Imunisasi Rubella Gratis Secara Serentak
Selasa, 17 Juli 2018, 15:15 WITA Follow
image

istimewa

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Beritabali.com, Denpasar. Dinas Kesehatan (Diskes) Denpasar menyiapkan pelaksanaan imunisasi Measles Rubella (MR) gratis secara serentak. Imunisasi Rubella menurut rencana akan dilaksanakan pada bulan Agustus hingga September mendatang.

Hal tersebut terungkap dalam pelaksanaan sosialisasi imunisasi Campak dan Rubella Selasa (17/7) di ruang pertemuan Sewaka Mahottama Gedung Sewaka Dharma, Lumintang.

[pilihan-redaksi]
Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Denpasar dr. Ida Bagus Ekaputra menyampaikan imunisasi menyasar anak usia 9 bulan dan dibawah 15 tahun. Jika hal ini tidak dilaksanakan dapat menyebabkan penyakit Rubella dan Congenital Rubella Syndrome (CSR).

Dengan gejala demam dan ruam ringan, tingkat penularan sangat tinggi, dan apabila infeksi terjadi selama masa kehamilan dapat menyebabkan abortus spontan atau cacat lahir (CSR).

“Kasus Rubella menyebabkan cacat lahir bila terinfeksi selama masa kehamilan, ini tidak ada obatnya sehingga pencegahan melalui imunisasi menjadi penting yang nantinya anak setelah imunisasi dapat kebal seumur hidup,” ujar Ekaputra.    

[pilihan-redaksi2]
Menurut dr. Eka, Vaksin MR yang digunakan untuk imunisasi campak dan Rubella efektif dan aman. Satu-satunya vaksin MR yang telah mendapat rekomendasi Badan Kesehatan Dunia dan sudah digunakan di lebih dari 140 negara untuk eliminasi penyakit Campak dan Rubella.

Dilaksankannya kampanye imunisasi masal MR bertujuan untuk meningkatkan kekebalan masyarakat terhadap campak dan rubella secara cepat. Disamping itu, untuk memutus transmisi virus campak dan rubella, menurunkan angka kesakitan akibat peyakit campak dan Rubella serta menurunkan angka kejadian CRS.

Kampanye ini diharapkan dapat mencapai taget cakupan sebanyak 95 persen, sehingga dukungan yang kuat sangat diperlukan untuk mencapai keberhasilan kampanye imunisasi MR. [bbn/rlsdps/mul]

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami